Gandeng Agate, Kemenpar Promosi Wisata Indonesia Via Game Ponsel

Gaming Agt 26, 2019

Hai, MedForians!

Kabar terbaru hadir dari dalam negeri. Indonesia mempunyai sektor pariwisata dengan potensi yang luar biasa. Untuk memperkenalkan secara khusus ke wisatawan asing, media game ponsel coba dipilih sebagai alternatif berpromosi.

Hal itu bakal terwujud melalui upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Indonesia dalam menggandeng Agate, studio pengembang game lokal yang berbasis di Bandung, untuk membuat game yang memperkenalkan pariwisata di Indonesia.

“Nantinya, gim ini akan dapat dinikmati di smartphone yang dapat ditemukan di Google Play Store,” demikian pernyataan pers Agate yang dilansir melalui detik INET dan Selular.id, Sabtu (25/8).

Tempat-tempat wisata Indonesia yang terkenal dan unik nantinya akan ditonjolkan dalam bentuk permainan interaktif yang memberikan pengalaman langsung kepada pemain. Dengan promosi ini, jumlah wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia diharapkan bisa bertambah.

“Tujuan dari kerja sama ini adalah mendorong bertambahnya wisatawan asing yang datang ke Indonesia sebagai tempat berlibur, terutama wisatawan dari Singapura dan Malaysia,” lanjut pernyataan tersebut.

Saat ini sendiri sudah ada dua produk Agate yang berada di pasaran saat ini yaitu, Onet Asli dan Crossword Go. Keduanya telah dimodifikasi khusus untuk server global dan berisikan pemberian gambar yang menunjukkan ciri khas budaya Indonesia.

Crossword Go

Crossword Go merupakan game duplikasi dari Teka Teki Santai. Bedanya, penggunaan Bahasa di game Crossword Go diubah menjadi bahasa Inggris. Di dalam game, pemain ditantang untuk menjawab pertanyaan dengan satu kata yang dibuat dari huruf-huruf yang dicocokkan.

Pemain juga akan diberi beberapa item bantuan untuk menjawab pertanyaan. Setelah berhasil menjawab, pemain akan mendapatkan satu stiker daerah di Indonesia. Seiring berjalannya permainan, pemain bakal disuguhi latar belakang pemandangan Indonesia dengan tema pariwisata yang unik.

“Game Crossword Go ini menyediakan pembaharuan pertanyaan dan level secara berkala yang menantang. Serunya lagi, permainan ini gratis dan dapat dimainkan secara offline,” tulis Agate.

Onet Asli

Sedikit berbeda dengan Crossword Go, pada game Onet Asli pemain diminta untuk mencocokkan dua gambar dari deretan gambar yang disediakan. Ikon-ikon yang ditunjukkan merupakan karakter fauna dan flora dari Indonesia.

Penggunaan ikon khas ini tujuannya adalah mengenalkan keberagaman yang ada di Indonesia. Melalui game ini juga, para pemain ditantang untuk meraih nilai tertinggi serta waktu tercepat untuk memecahkan teka-teki.

“Di dalam game masing-masing karakter akan memberikan pertanyaan yang dapat membantu para pemain untuk menuju lebih dekat dengan harta karun. Durasi permainan ini adalah 10 menit dengan tiga kali kesempatan untuk lolos dari kesalahan,” tambah Agate.

Tag

Daniel Dwi Adrian

You never change things by fighting the existing reality. To change something, build a new model that makes the existing model obsolete

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.