Induk TikTok Resmi Rilis Mesin Pencari Toutiao Search

Teknologi 15 Agt 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari perusahaan pemilik aplikasi TikTok, ByteDance. Setelah dirumorkan bakal membuat mesin pencari baru, mereka akhirnya secara merilis resmi mesin pencari baru itu.

Dilansir dari CNBC melalui Kompas Tekno, Rabu (14/8), mesin pencari bernama Toutiao Search itu akan disematkan di produk andalan milik ByteDance, Jinri Toutiao, yang merupakan platform agregator berita di China.

Mesin pencari itu akan menyajikan konten dari aplikasi-aplikasi buatan ByteDance, seperti berita dari Jinri Toutiao, konten video dari TikTok versi China, dan hasil pencarian dari situs web lain yang lebih luas di internet.

Seperti layanan mesin pencari di China lainnya, hasil pencarian Toutiao Search juga bakal disensor oleh pemerintah China. Hasil-hasil pencarian tertentu sesuai permintaan pemerintah China, tidak akan ditampilkan di mesin pencari tersebut.

Adanya mesin pencari Toutiao Search ini membuat ByteDance semakin memperluas ekspansi, yang awalnya berfokus di bisnis news aggregator dan video, kemudian merambah layanan pengiriman pesan, serta streaming musik.

Tak hanya itu, diprediksi kehadiran mesin pencari dari ByteDance itu bakal mengusik keberadaan dominasi pasar Baidu. Sejak Google hengkang dari China pada 2010 silam, data riset StatCounter pada tahun lalu menyebut Baidu memiliki pangsa pasar 66 persen di desktop dan 71 persen di mobile.

“Kami memperkirakan ada dua pemain baru di pasar search engine tiap tahunnya (di China),” kata Ping Xiaoli, General Manager Baidu App ketika menanggapi soal perilisan Toutiao Search.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.