Intel Luncurkan 8 Prosesor Baru Generasi ke-10

Teknologi 22 Agt 2019

Hai, MedForians!

Kabar terbaru hadir dari Intel. Tepat pada hari ini, Kamis (22/8), Intel meluncurkan delapan prosesor tambahan ke keluarga Intel generasi ke-10 untuk mendukung komputasi modern.

Jajaran prosesor terbaru untuk mobile PC yang sebelumnya berkode “Comet Lake” ini dirancang sesuai dengan kebutuhan akan produktivitas dan performa yang tinggi untuk mendukung beban kerja yang kompleks, dengan tetap mempertahankan bentuk laptop yang tipis dan ringan dan desain 2-in-1, dan tanpa mengorbankan ketahanan baterai.

Prosesor-prosesor ini merupakan komponen berperforma tinggi yang menawarkan peningkatan performa hingga dua digit dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Lini produk ini juga mencakup prosesor Intel Seri U pertama yang diperkuat dengan 6-core, frekuensi CPU dan memory interfaces yang lebih cepat, serta konektivitas terbaik di kelasnya: Intel® Wi-Fi 6 (Gig+) dan scaling daripada Thunderbolt™ 3 yang lebih luas.

Lebih dari 90 desain tambahan yang berbasis pada keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-10 akan tersedia pada akhir tahun ini.

“Prosesor mobile untuk seri Intel Core Generasi ke-10 menyajikan jajaran produk terbaik di industri yang menawarkan keseimbangan terbaik bagi konsumen, meliputi performa, fitur-fitur, tenaga dan desain untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Dari multitasking hingga content creation, tambahan prosesor terbaru ke keluarga Intel Core Generasi ke-10 ini menawarkan performa terpadu untuk mendukung produktivitas dengan tingkat yang lebih tinggi, dan menghadirkan konektivitas platform terbaik di kelasnya, melalui Wi-Fi 6 (Gig+) dan Thunderbolt 3 yang begitu dinantikan dari Generasi ke-10,” ujar Chris Walker, Corporate Vice President dan General Manager dari Mobility Client Platforms di Client Computing Group Intel.

Jajaran prosesor baru tersebut mencakup Intel Core U Series yang terdiri dari i7-10710U, i7-10510U, i5-10210U, i3-10110U dan Y Series yang meliputi i7-10510Y, i5-10310Y, i5-10210Y, dan i3-10110Y. Prosesor tersebut menawarkan fitur mulai dari 6-cores dan 12-threads, frekuensi maksimum turbo dengan kecepatan hingga 4,9 GHz, dan menghadirkan Intel Smart Cache dengan kapasitas hingga 12 MB.

Mengapa Ini Penting?

Berbekal portofolio kelas dunia dari teknologi dan hak milik intelektual (intellectual property) dari Intel, keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini menghadirkan beragam platform yang telah dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan beban kerja untuk menjawab beraneka kebutuhan dan pengalaman komputasi.

Prosesor-prosesor terbaru daripada Intel Core Generasi ke-10 ini memanfaatkan perubahan yang ditawarkan oleh optimisasi intra-node pada teknologi proses produksi 14nm Intel yang meningkatkan performa hingga 16%2, serta meningkatkan produktivitas dan multitasking pada Microsoft Office 365* hingga 41% dibandingkan dengan generasi sebelumnya, semua tanpa mengorbankan ketahanan baterai.

Selain itu, Intel juga mengintegrasikan konektivitas nirkabel terbaik dengan Intel WiFi6 (Gig+) dan dukungan untuk Thunderbolt 3, port tercepat dan serba guna saat ini.

Awal bulan ini, Intel telah meluncurkan rangkaian produk pertama dari keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-10, yang dikembangkan dengan teknologi proses produksi 10nm dan berfokus pada penyediaan kecerdasan buatan (AI) berperforma tinggi pada PC, loncatan besar pada performa grafis, dan konektivitas terbaik di kelasnya.

Prosesor-prosesor yang diluncurkan pada hari ini pun menghadirkan konektivitas yang sama baiknya untuk platform terpadu, dan memperbesar rangkaian keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-10 untuk mendukung performa dan frekuensi untuk produktivitas beban kerja masa kini.

Rangkaian produk terbaru Intel ini melengkapi keluarga Intel Core Generasi ke-10 dan memberikan ragam opsi bagi konsumen, memampukan mereka untuk memilih prosesor yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, serta memperbarui pengalaman laptop masa kini.

Apa yang ditawarkan?

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 yang terbaru meliputi Intel Core i3 hingga Intel Core i7 dengan fitur sebagai berikut:
1 Menawarkan hingga 6-cores dan 12-threads
2 Memampukan frekuensi maksimum turbo dengan kecepatan hingga 4,9 GHz
3 Menghadirkan Intel Smart Cache dengan kapasitas hingga 12MB
4 Dapat dikonfigurasi sampai dengan 25W untuk kinerja maksimum (Seri-U)
5 Dapat dikonfigurasi sampai dengan 4,5W untuk desain tanpa kipas dengan 4-core (Seri-Y)
6 Menawarkan frekuensi grafik dengan kecepatan hingga 1,15 GHz
7 Meningkatkan kecepatan memori LPDDR4x, LPDDR3, DDR4 hingga 2666 MT / s

Konsumen juga akan mendapatkan konektivitas yang sama baiknya di seluruh keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-10. Intel Wi-Fi 6 (Gig+) yang terintegrasi menghadirkan keamanan WPA3 yang lebih baik untuk memberikan kenyamanan lebih, serta kecepatan hingga tiga kali lebih cepat6 untuk memungkinkan pengunduhan file yang cepat dan kinerja yang lebih responsif.

Sistem dengan prosesor ini juga dapat mendukung pengontrol Thunderbolt 3 yang mencakup hingga empat port ThunderboltTM 3. Masing-masing port mampu memberikan daya, kecepatan pengunduhan hingga 40 Gb/s, dan terhubung ke ribuan docks & display dan periferal yang telah tersedia untuk konsumen, semua melalui satu kabel.

Akhirnya, rangkaian prosesor baru ini meningkatkan jumlah desain yang dioptimalkan dengan Teknologi Intel Adaptix, mendukung fitur stanby modern yang memampukan laptop untuk menyala dengan lebih cepat dan memungkinkan beberapa layanan voice-assitant terintegrasi ke dalam PC.

Dalam teknologi Intel Adaptix, Intel Dynamic Tuning Technology memungkinkan mitra OEM untuk menyempurnakan sistem berbasis prosesor Intel Core Generasi ke-10 mereka, untuk mencapai kinerja yang lebih banyak lagi, mulai dari 8% hingga 12% pada sistem.

Pada desain tertentu, teknologi Intel Dynamic Tuning menawarkan algoritma pra-terlatih berbasis AI pertama untuk memprediksi beban kerja dan memungkinkan turbo-burst yang lebih tinggi ketika responsiveness diperlukan, serta memberikan perpanjangan waktu di turbo untuk mendukung beban kerja berkelanjutan.

Cara Mendapatkannya

Laptop dan perangkat 2-in-1 yang didukung oleh prosesor Intel Core Generasi ke-10 terbaru akan tersedia dari produsen PC pada akhir tahun ini. Sistem tertentu dari pabrikan PC yang berbasis pada prosesor Intel Core Generasi ke-10 berada dalam proses verifikasi melalui kode program inovasi Intel, “Project Athena.”

Petunjuk “Engineered for Advanced Mobility” akan hadir secara online dan di toko-toko ritel pada musim gugur tahun ini untuk mendapatkan sistem berbasis prosesor Intel Core Generasi ke-10 terbaik dari produsen PC.

Sumber: Press Release

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.