Intel Luncurkan Rangkaian Pertama Seri Intel Core Generasi ke-10

Teknologi 2 Agt 2019

Hai, MedForians!

Hari ini, Intel secara resmi meluncurkan 11 prosesor dari seri Intel® Core™ Generasi ke-10 yang diberi kode nama “Ice Lake”, yang didesain untuk perangkat 2-in-1 dan laptop.

Seri prosesor Intel Core Generasi ke-10 merupakan pijakan penting dalam perjalanan Intel untuk mendukung performa PC terbaik lewat prosesor yang canggih dan tangguh di segala lini komputasi. Dengan menanamkan kecerdasan buatan (AI), arsitektur grafis terbaru, serta konektivitas terbaik di kelasnya, prosesor  Intel Core Generasi ke-10 ini menjawab ragam kebutuhan; mulai dari hiburan, gamingcontent creation, dan masih banyak lagi.

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 pada sebuah motherboard. Intel meluncurkan 11 prosesor dari seri Intel® Core™ Generasi ke-10 yang terbaru dan paling terintegrasi, yang didesain untuk perangkat 2-in-1 dan laptop. (sumber: Intel Corp)

Jajaran prosesor terbaru dari Intel ini menghadirkan kecerdasan buatan (AI) berperforma tinggi pada PC, berikut dengan fitur grafis baru bernama “Intel® Iris® Plus” untuk mendukung pengalaman grafis yang menakjubkan, serta memampukan konektivitas terbaik dengan memadukan Intel® Wi-Fi 6 (Gig+) dan Thunderbolt™ 3. Jajaran produk dengan prosesor terbaru ini akan dihadirkan oleh para manufaktur PC pada akhir tahun ini.

“Rangkaian prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini mengubah paradigma tentang apa arti dari kepemimpinan pada platform mobile PC. Melalui penerapan AI berskala yang luas pada PC untuk pertama kalinya, arsitektur grafis terbaru, konektivitas Wi-Fi 6 (Gig+) terbaik dan Thunderbolt 3 — semuanya terintegrasi di dalam SoC (system on chip), berkat teknologi pemrosesan dan desain arsitektur 10nm dari Intel — kami membuka jalan bagi berbagi macam pengalaman terbaru dan inovasi di industri laptop.”

Chris Walker, Corporate Vice President dan General Manager untuk Mobility Client Platforms di Client Computing Group, Intel

Mengapa ini penting?

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 adalah pijakan penting bagi perjalanan Intel dalam mendukung peningkatan performa PC terbaik melalui prosesor berkinerja tinggi dan optimal di segala lini komputasi.

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 yang diberi kode “Ice Lake” menggunakan struktur penamaan sebagai berikut untuk menunjukkan generasi dan level performa grafis dari prosesor yang dimaksud.

Selain performa dan kemampuan respon yang cepat, fitur AI, grafis, konektivitas dan I/O yang teroptimisasi pada SoC menyediakan sebuah solusi dengan berbagai macam kapabilitas yang memampukan OEM untuk menciptakan laptop yang memenuhi beragam kebutuhan; baik hiburan, gaming, contentcreation, dan lebih banyak lagi.

Performa cerdas

Rangkaian prosesor Intel Core Generasi ke-10 adalah rangkaian prosesor pertama yang disesain untuk mengakomodasi AI pada laptop serta perangkat 2-in-1 yang tipis dan ringan. Rangkaian prosesor ini menghadirkan performa cerdas yang dibutuhkan oleh aplikasi modern yang menanamkan AI, dengan ragam fitur dan kemampuan sebagai berikut:

1 Intel® Deep Learning Boost, sebuah rangkaian instruksi baru yang mempercepat jaringan pada CPU untuk menghadirkan respons maksimum dalam berbagai aktivitas, seperti peningkatan kualitas gambar, pengelompokan foto, serta efek pada foto.
2 Mesin pengolahan komputasi hingga 1 teraflop pada GPU untuk mendukung inferensi throughput yang tinggi seperti video editor, analitik, dan peningkatan resolusi video real-time.
3 Intel® Gaussian & Neural Accelerator (GNA) menghadirkan kemampuan khusus untuk menangani beban kerja di belakang layar seperti pemrosesan suara dan pengurangan gangguan suara dengan menggunakan daya energi yang sangat rendah untuk optimalisasi daya tahan baterai.

Grafis terbaru untuk hiburan yang menakjubkan


Dengan menggandakan performa grafis, rangkaian prosesor Intel Core Generasi ke-10 dengan Intel® Iris Plus menjadikan pengalaman gaming pada resolusi 1080p maupun content creation level tinggi, seperti penyuntingan video 4K, aplikasi filter video dan pemrosesan foto beresolusi tinggi menjadi tanpa cela. Ditambah:
2 Rangkaian prosesor ini adalah GPU pertama dari Intel yang mendukung tampilan standar VESA’s Adaptive Sync*. Hal ini memampukan pengalaman gaming yang lebih gegas dan mulus untuk game seperti Dirt Rally 2.0* dan Fortnite.*
3 Berdasar pada arsitektur grafis Gen 11, rangkaian produk ini adalah GPU terintegrasi pertama yang menggabungkan variable rate shading untuk meningkatkan kemampuan rendering.
4 Dengan dukungan untuk spesifikasi BT.2020*, pengguna dapat menyaksikan video 4K HDR dengan warna yang lebih kaya.

Konektivitas Terbaik

Berkembangnya board yang terintegrasi membantu pabrikan PC berinovasi di bidang form factor untuk menciptakan desain yang lebih ramping dengan konektivitas Intel Wi-Fi 6 (Gig+), begitu pula dengan menyediakan hingga empat Thunderbolt 3 port — konektor USB-C serba guna dan tercepat yang pernah ada.

Line-up produk


Intel juga memperkenalkan struktur penamaan prosesor baru, dimulai dari rangkaian pertama prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini. Silakan kunjungi laman Intel processor numbers untuk informasi lebih lanjut.

Apa selanjutnya?

Rangkaian prosesor yang diberi kode “Ice Lake” ini adalah debut pertama dari seri Intel Core Generasi ke-10 dan akan tersedia pada produk-produk terbaru dari pabrikan PC pada akhir tahun ini. Pada ajang Computex 2019, Intel telah menunjukkan beberapa sistem yang sudah lama dinanti dan tengah melewati proses verifikasi melalui sebuah program inovasi yang diberi nama kode “Project Athena”, termasuk Acer Swift 5*, Dell XPS 13’ 2 in 1*, HP Envy 13”*, dan Lenovo S940*.

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 hadir bersama fitur grafis baru Intel® Iris® Plus untuk mendukung hiburan yang menakjubkan (Sumber: Intel Corp).

Pengumuman hari ini hanyalah sebuah permulaan. Untuk menjawab kebutuhan komputasi modern yang makin beragam, Intel akan mengumumkan produk tambahan untuk jajaran prosesor mobile Intel Core Generasi ke-10. Prosesor-prosesor untuk perangkat mobile ini akan meningkatkan produktivitas dan performa untuk beban kerja yang lebih besar dan kompleks, termasuk Intel® vProTM platform yang didesain khusus untuk kebutuhan bisnis. Tunggu informasi lebih lanjut pada akhir bulan ini.

Untuk informasi lebih lanjut: 10th Gen Press Kit 10th Gen Intel Core Product Brief | 10th Gen Intel Core Press Deck

Intel, Intel Core, Thunderbolt dan logo Intel adalah merek dagang milik Intel Corporation di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya.

*Nama dan merek lain dapat diklaim oleh pihak lain.

Sumber: Press Release

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.