Menu Tutup

Jual Murah, Tumblr Diakuisisi Induk WordPress

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari jejaring sosial Tumblr. Jejaring sosial milik Verizon itu diakuisisi oleh induk WordPress, Automattic Inc.

Dilansir dari Asian Wall Street melalui Antara News, Selasa (14/8), Verizon sepakat untuk melepaskan jejaring sosial Tumblr ke Automattic Inc. Namun, Verizon tidak mengungkap nilai akuisisi Tumblr ke publik.

Dirumorkan bahwa nilai akuisisi itu di bawah harga beli Verizon sebelumnya, alias jual murah. Beberapa laporan menyebutkan nilai akuisisi di bawah 20 juta dolar, sementara sumber lain menyebut di bawah 10 juta dolar.

Sementara itu, rumor yang dikutip dari The Verge malah menyebutkan harga yang dibayar Automattic Inc. tak sampai USD 3 juta.

Tentu saja, Verizon yang merupakan induk dari Yahoo telah rugi banyak dalam mengakuisisi Tumblr. Sebelumnya, Yahoo mengambil alih Tumblr pada 2013 yang nilainya mencapai USD 1,1 miliar. Yahoo sendiri kemudian diakuisisi oleh Verizon pada 2017, dan menyebabkan Tumblr otomatis dimiliki Verizon.

BACA JUGA :  Studi CupoNation: Antusiasme Masyarakat Terhadap Harbolnas 12.12 Meningkat 682%

“Kami bangga atas pencapaian tim (Tumblr) dan sangat gembira sudah menemukan rekan yang sempurna yaitu Automattic, yang rekam jejak dan keahliannya akan membuka peluang baru bagi Tumblr dan penggunanya,” tulis CEO Verizon Media Guru Gowrappan dikutip dari detikINET.

Meskipun tidak menguntungkan, Tumblr telah menampung lebih dari 450 juta blog dan pernah dianggap sebagai pemain utama dalam ruang media sosial.

Di sisi lain, CEO Automattic Inc. Matt Mullenweg berujar bahwa Tumblr akan berfungsi sebagai situs pelengkap untuk WordPress setelah akuisisi. Ia juga menyebut tak akan mengubah aturan baru yang sebelumnya diterapkan di Tumblr.

Sayangnya, pernyataan Mullenweg terkait situs pelengkap itu tidak dijelaskan secara spesifik. Diprediksi Mullenwerg bakal memanfaatkan secara penuh platform mobile milik Tumblr ke dalam WordPress.

BACA JUGA :  Oppo Inno Day 2019 Perkenalkan Sejumlah Perangkat Berbasis 5G

Tumblr sendiri sebelumnya telah menghadapi kecaman selama bertahun-tahun karena tidak memantau dengan baik konten pornografi, yang akhirnya dilarang Verizon tahun lalu. Akan tetapi, pelarangan tersebut disesalkan banyak pengguna jejaring sosial itu, dan mengancam akan meninggalkannya.

Desas-desus dijualnya Tumblr oleh Verizon telah diketahui sebelumnya pada Mei lalu. Namun bukan Automattic Inc yang menawar, melainkan Pornhub.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×