Ketahuan "Tracing" Fanart Love Live!, Siberia Hills Minta Maaf

Pop Kultur Agt 15, 2019

Hai, MedForians!

Karya seni milik orang lain sangatlah mudah untuk diakuisisi, terutama karya penggemar anime yang memvisualisasikan karakter favorit mereka di suatu anime tertentu. Hal ini sering terjadi, dimana banyak kasus pencurian fanart dari fanartist tertentu (atau disebut sebagai “Tracing”) oleh banyak pihak tidak bertanggung jawab dengan alasan tertentu.

Salah satunya dan yang terbaru ialah pencurian suatu karya fanartist yang menggambarkan karakter Nozomi Tojo dari anime LoveLive! yang dilakukan oleh pihak Billie Eilish.

Sebagaimana telah diberitakan oleh redaksi sebelumnya, Billie Eilish merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat, bekerjasama dengan Siberia Hills yang merupakan brand fashion ala streetwear Eropa disangka telah melakukan kasus pencurian fanart ini.

Makoto Kurokawa dengan akun Twitter @m_qurokawa menjadi ‘korban’atas kasus tersebut.

Karya dari Makoto Kurokawa tersebut telah digunakan dan diedit ulang tanpa izin pada produk merchandise dari Billie Eilish. Nama Billie dengan huruf katakana juga terlihat di merchandise tersebut.

Terdapat tiga jenis merchandise yang dirilis oleh brand Siberia Hills ini, yakni dua hoodie dengan warna hitam dan putih, juga sebuah baju T-shirt.

Melalui Instagram Siberia Hills yang berkolaborasi dengan Billie Eilish, mereka meminta maaf atas tindakan yang telah dilakukannya tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa Billie Eilish dan timnya tidak ada campur tangan sama sekali mengenai hal tersebut. Brand tersebut juga berjanji untuk mengembalikan uang dari orang-orang yang telah membayar pembelian merchandise. Sedangkan pihak dari Billie Eilish sendiri belum memberikan komentar mengenai kasus ini.

https://www.instagram.com/p/B09ruv7A9S4/?utm_source=ig_embed

“Teruntuk seniman bertalenta Mr. M_Qurokawa, kami meminta maaf karena telah mengambil karya Anda untuk merchandise kolaborasi kami dengan Billie Eilish.
Billie dan timnya tidak mengetahui bahwa kami menggunakan karya Anda, mereka hanya mempercayakan kami untuk produk ini.
Kami adalah pihak kreatif dalam kolaborasi ini. Kepada Billie, dan penggemarnya, kami memohon maaf telah menyebabkan isu ini. Produk ini tidak akan dirilis. Bagi mereka yang sudah membayar, uang Anda akan dikembalikan.”

Tak hanya itu, kabar lain menyebutkan bahwa website tempat Billie Elish menjual merchandise tracing Love Live! itu telah menghapus item tersebut.

Namun, banyak beberapa pihak yang juga berkata bahwa Siberia Hills sendiri telah melakukan ‘pencurian’ yang sama sebelumnya. Brand tersebut juga dikatakan telah menjual berbagai produk dengan gambar curian dan menjualnya dengan harga tinggi yang mana hal tersebut merupakan hal ilegal di Amerika Serikat dan Jepang.

Bagaimana tanggapan kalian, MedForians? Semoga kejadian ini tidak terulang lagi ya!

Sumber: Artnet, Anime News Network

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.