Menu Tutup

Kominfo Siap Bantu Majukan e-Sports di Daerah

Hai, MedForians!

Kabar terbaru datang dari event Gamers Land Party. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan siap untuk memajukan e-Sports di seluruh daerah Indonesia.

Menkominfo Rudiantara berujar bahwa salah satu langkah pemerintah adalah menyiapkan insfrasruktur untuk mendukung perkembangan industri e-Sports di sejumlah daerah.

“Kami telah menyiapkan infrastruktur. Karena yang memainkan game banyak melalui internet. Jadi, yang dikembangkan tidak hanya 4G, tapi broadband yang ada di daerah-daerah,” ujar Menkominfo Rudiantara usai membuka acara Gamers Land Party (GLP) 2019 di JX International Surabaya, Sabtu (24/8).

Ia menyampaikan pemerintah melihat bahwa banyak peluang yang bisa didapat dari E-Sports, seperti menjadi atlet di ajang SEA Games maupun Asian Games.

BACA JUGA :  Peduli Korban Bencana Kebakaran Hutan Riau, Reza Arap Adakan Live Streaming 24 Jam

Peluang kedua yang menjanjikan dari E-Sports, kata dia, adalah bisa dijadikan sebagai profesi, sebab saat ini bukan lagi jadi pekerjaan sampingan, tapi profesi yang penghasilannya bahkan dapat melebihi penghasilan menteri.

“Ketiga, nanti kita tidak boleh diam hanya menggunakan game luar negeri. Gameloft yang dari Prancis yang mengembangkan adalah anak-anak di Yogyakarta. Artinya, kita mempunyai kemampuan,” ucapnya.

Dia berharap, pada tahun depan game yang ada sudah mempunyai karakter tokoh dari Indonesia seperti Gatotkaca dan lainnya.

Dia percaya pengembangan E-Sports akan berdampak pada perkembangan ekonomi di Indonesia, sebab dalam satu acara bisa menghasilkan uang hingga miliaran rupiah.

“Tahun ini secara keseluruhan (dari E-Sports) sudah mencapai 1 miliar dolar AS atau Rp14 triliun tambahan ekonomi,” katanya.

BACA JUGA :  Ghost Parade Akan Hadir di PS4 Pada 31 Oktober

Sumber: Antara News

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×