Menu Tutup

[Liputan] Clean Up Jakarta Day 2019 – Inisiatif Menjaga Lingkungan Hidup

Hai, MedForians!

Jakarta semakin diperhatikan dengan dilaksanakannya kegiatan Clean Up Jakarta Day 2019 oleh masyarakat setempat.

Bersih-bersih Sampah Ibukota

Pada hari Minggu, 25 Agustus 2019, diadakan sebuah kegiatan sosial se-Jakarta dengan nama Clean Up Jakarta Day 2019. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013 oleh Indonesia Expat, acara ini sudah menjadi rutinitas setiap tahun yang dinantikan masyarakat Jakarta.

Kegiatan sosial ini memiliki tujuan untuk menyebarkan pesan kepada masyarakat dan komunitas bahwa setiap individu memiliki kewajiban untuk merawat lingkungan hidupnya.

Menggunakan tradisi “gotong-royong” yang sudah melekat di masyarakat Indonesia, kegiatan ini menggandeng dan mengedukasi relawan mengenai permasalahan sampah. Tujuan akhirnya adalah untuk menanamkan kesadaran untuk merawat lingkungan sekitar.

Para relawan juga akan didik untuk mengenal tipe-tipe sampah yang ada, seperti sampah daur ulang, sampah non-organik, dan lain-lain.

Sebagai bentuk penjagaan lingkungan, para peserta juga dihimbau untuk membawa perbekalannya sendiri, seperti botol minum, bekal makanan, hingga kantong plastik. Ada juga gerakan untuk tidak menggunakan sedotan plastik, melainkan menggunakan sedotan yang lebih ramah lingkungan, baik itu stainless steel atau berbahan dasar lain.

Pada tahun lalu, kegiatan ini berhasil meraih hingga satu juta relawan yang tersebar di 107 lokasi di seluruh Jakarta.

Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Khusus Istimewa Jakarta, panitia kegiatan ini ikut berpartisipasi untuk memungut dan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di berbagai tempat di Jakarta.

Sumber: Wartakota

Memanfaatkan momen Car Free Day yang selalu ada setiap akhir pekan, para relawan memenuhi jalanan yang biasanya dilewati oleh kendaraan bermotor. Berbeda dari CFD sebelumnya, kali ini masyarakat secara aktif mencari dan membersihkan segala bentuk sampah yang berserakan di jalan, trotoar, taman, dan berbagai titik lainnya.

Dengan selesainya kegiatan satu hari penuh ini, bukan berarti berhenti untuk menjaga lingkungan ya! Tetap jaga diri dan jaga tempat tinggal kita, untuk masa depan yang lebih cerah.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian juga mengikuti kegiatan ini? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×