Menu Tutup

[Liputan] Rasakan Kemeriahan Event Starnifest 2019 Surabaya!

Hai, MedForians!

Liputan kali ini datang dari salah satu event rutin yang diadakan setiap tahun di Surabaya, yaitu Starlight Nippon Festival atau yang biasa disebut Starnifest.

Event tahun ini diadakan pada tempat yang sama dari event-event Starnifest sebelumnya, yaitu di The Square Blroom, ICBC Center, dan dilaksanakan pada Minggu (18/8) lalu.

Sekedar informasi unik, tanggal 18 Agustus bila dituliskan secara numerik dengan pembacaan tanggal dari barat menjadi 8.18. Filosofi dari dua angka 8 tersebut memiliki makna “infinity and endless”.

Venue area

Seperti event-event Starnifest sebelumnya, acara ini mengedepankan konsep creative, dimana beberapa stand yang ada merupakan stand dari circle-circle yang biasa membuat merchandise dan fan art. Tak hanya itu, beberapa stand-stand penjual merchandise non creative circle juga ada disana. Selain itu, stand-stand dari beberapa komunitas seputar jejepangan juga ada dan yang paling langka dan tidak biasa terdapat di event-event lain, terdapat stand dari beberapa komikus dan pegiat kreatif lain.

Talkshow Creative preneur

Disela-sela acara, ada talkshow yang diadakan diatas panggung Starnifest 2019. Talkshow tersebut diisi oleh lima orang pegiat kreatif yang diundang oleh pihak Starnifest. Mereka adalah Is Yuniarto, Henry Trisula, Hangga Ganiadi, Aiyuki, dan John Switch.

BACA JUGA :  [Liputan] Yuk, Intip Keseruan BBunkasai Malang 2019!

Is Yuniarto adalah seorang komikus yang membuat serial komik Garudayana dan Gundala versi terbaru. Henry Trisula adalah seorang desainer grafis dan ilustrator. Hangga Ganiadi adalah seorang dosen sekaligus komikus dari serial komik BunBu. Aiyuki adalah seorang beauty vlogger, penyanyi dan perias professional. John Switch adalah seorang cosplayer sekaligus menjadi costume maker.

Talkshow mereka cukup informatif dan mendidik. Dalam takshow tersebut, dibahas bagaimana cara menjadi seorang insan kreatif yang baik dan benar. Selain itu, mereka juga memaparkan pengalaman mereka sewaktu pertama kali datang ke dunia industri kreatif yang mereka tekuni, hingga menjadikan nama mereka besar pada saat ini.

Diisi oleh komunitas-komunitas besar

Acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa komunitas-komunitas besar yang ada di Surabaya. Beberapa diantaranya adalah komunitas Origami, Aikido, Shodo, Itasha, Game Card, dan Game PC dan Konsol. Beberapa komunitas juga mengadakan fun games dan workshop mini di booth mereka.

Cosplayer in Action

Daritadi redaksi membahas tentang venue dan para pendukung acara, lantas bagaimana dengan elemen terpenting dari sebuah event jejepangan yaitu cosplay? Jawabannya, sangat meriah, apalagi untuk para cosplayer yang ikut dalam Coswalk.

BACA JUGA :  [Liputan] Battle of The Toys 2019 - Surganya Pencinta Action Figure

Para cosplayer yang mengikuti coswalk sangat banyak sekali, sehingga ketika pada acara foto bersama, panggung sampai tidak cukup untuk menampung banyaknya para cosplayer yang ikut dalam Coswalk.

Akhir kata

Begitulah keseruan dan suasana yang ada di event Starnifest 2019. Redaksi Media Formasi, mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada pihak panitia dan para pihak pendukung acara Starnifest 2019 ini. Semoga kedepannya, Starnifest bisa menjadi lebih meriah, seru, pecah lagi.

Eits, tunggu dulu! Nantikan wawancara eksklusif dari Starnifest 2019. Tunggu artikel selanjutnya dari redaksi ya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×