Perkenalkan Logo Baru Android OS, Lambangkan Keterbukaan

Kreasi Agt 23, 2019

Hai, MedForians!

Google baru saja meluncurkan logo baru dari Android Open Source Project. Logo baru OS perangkat mobile milik Google ini resmi diluncurkan hari ini (22/8) dan diumumkan melalui kanal YouTube resminya.

Android OS adalah sistem operasi berbasis sumber terbuka yang dimiliki oleh Google. Sebagai proyek sumber terbuka, Android dapat dimodifikasi sedemikian rupa oleh berbagai pihak untuk dikembangkan. Android adalah OS untuk perangkat ginerak terbesar di dunia saat ini.

Dengan palet warna baru dan fontasi logotype Android yang diperbarui, logo ini terlihat lebih modern dan citarasa desain Google makin berkurang walau masih sangat terasa. Wordmark Android kini dirancang lebih modern dan meninggalkan konsep geometrik

Selain itu, Google juga membuat sistem identitas visual baru bagi desain-desain branding OS mobile terpopuler di dunia ini. Uniknya, robot ikonik ‘bugdroid’ kini menjadi bagian dari logo baru ini.

Logo ini menjadi logo ke-3 setelah OS Android pertama diluncurkan pada tahun 2008.

Bukan Sekadar Logo Baru

Menurut Android Global Brand and Creative Lead, Sydney Tomashow, Logo baru ini memiliki makna “lebih dari sekadar logo”. Ia mengungkapkan bahwa logo baru ini menjadi refleksi perkembangan OS ini selama satu dekade ke belakang.

Kami mengambil banyak inspirasi dari masa lalu kami.

Sydney Tomashow, Android Global Brand and Creative Lead

Sedangkan Aude Gandon, Android Global Brand Director mengungkapkan logo baru ini didesain dengan nilai dasar Android, yakni diciptakan untuk semua orang. Ia berpendapat bahwa dalam menciptakan sebuah brand, desainnya harus merefleksikan poin poin dan nilai dasar dari tujuan pembuatan produk tersebut.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan dalam proses pembuatan identitas brand harus memuat ‘DNA’ yang disukai oleh banyak orang. Salah satu ‘DNA’ tersebut adalah ikon bugdroid yang kini menjadi bagian logo baru tersebut.

Aksesibilitas juga menjadi poin penting dalam identitas baru ini, sehingga warna selain hijau turut dihadirkan. Menurut Sydney, warna yang terlalu gelap akan sulit dilihat bagi beberapa orang.

Rencananya branding baru ini akan mulai diluncurkan pada perilisan Android 10 ke pasaran. Identitas baru ini diharapkan akan menjadi semangat baru untuk pengembangan OS ini untuk tahun-tahun mendatang.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu menyukai logo baru ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.