Nama Versi Android Terbaru Tak Lagi Pakai Nama Manisan

Teknologi 23 Agt 2019

Hai, MedForians!

Berbagai kalangan sudah mulai menebak nama makanan manis apa yang cocok untuk versi OS Android terbaru. Beragam spekulasi muncul dari komunitas penggemar Android, mulai dari Quaker Oats hingga Quiche. Namun ada kabar buruk bagi kalian, Google kini mulai meninggalkan sistem penamaan ikonik Android tersebut.

Di peluncuran branding Android yang baru, Google mengungkapkan nama resmi dari Android Q sebagai Android 10. Yup, nama OS Android terbaru ini tanpa embel-embel nama manisan, hanya nomor versi saja.

Mengapa Nama Versi Android Tidak Pakai Manisan Lagi?

Dilansir dari Android Authority, Global Brand and Creative Lead Android, Sydney Tomashow mengungkapkan langkah ini sebagai upaya inklusifitas.

Raksasa internet ini ingin merek Android menjadi lebih inklusif dan dapat dikenali oleh audiens di seluruh dunia. Selain itu, tradisi Google menggunakan nama pencuci mulut sebagai merek rilis Android dapat menyulitkan pengenalan nama Android di seluruh dunia.

Beberapa negara banyak yang tidak familiar dengan beberapa nama makanan yang digunakan dalam penamaan versi Android. Bahkan beberapa diantaranya tidak mengenal adanya brand “Kit-Kat”. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Google meninggalkan sistem penamaan ini.

Logo Baru Android juga Turut Dikenalkan

Sebelumnya, Google baru saja meluncurkan logo baru dari Android Open Source Project. Logo baru OS perangkat mobile milik Google ini resmi diluncurkan hari ini (22/8) dan diumumkan melalui kanal YouTube resminya.

Android OS adalah sistem operasi berbasis sumber terbuka yang dimiliki oleh Google. Sebagai proyek sumber terbuka, Android dapat dimodifikasi sedemikian rupa oleh berbagai pihak untuk dikembangkan. Android adalah OS untuk perangkat ginerak terbesar di dunia saat ini.

Selain itu, Google juga membuat sistem identitas visual baru bagi desain-desain branding OS mobile terpopuler di dunia ini. Uniknya, robot ikonik ‘bugdroid’ kini menjadi bagian dari logo baru ini.

Bagaimana pendapattmu mengenai keputusan Google ini dan apa nama makanan yang seharusnya bisa menjadi calon nama Android terbaru ini? Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.