Menu Tutup

NetFlix Hadirkan Fitur Hemat Kuota Data

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari NetFlix. Platform hiburan asal Amerika Serikat itu menyediakan fitur khusus yang bisa digunakan pengguna untuk berhemat kuota.

Dilansir dari Kompas Tekno, Minggu (4/8), fitur tersebut adalah Adaptive Streaming. Adaptive Streaming memungkinkan pengguna bisa menonton film lebih lama dengan konsumsi data internet yang minim.

“Yakni, hingga 7 jam hanya dengan 1 GB, ini setara dengan menonton film ” Netflix Original The Night Comes for Us” sampai habis dan seluruh episode dari “Netflix Original Street Food Asia” season 1,” sebut NetFlix.

Fitur ini sudah ditanamkan di aplikasi mobile NetFlix, dan menggunakan machine learning untuk menentukan bitrate adaptif dan encoding per detik, sesuai dengan kondisi koneksi internet saat itu. Kualitas video pun bisa disesuaikan dengan kondisi jaringan.

Teknologi itu diklaim bisa membuat pengguna lebih nyaman saat menonton film tanpa tersendat, meski dalam perjalanan. Selain itu, teknologi juga membuat penggunaan kuota internet menjadi lebih sedikit.

BACA JUGA :  Logo Calibra Diduga Plagiat, Facebook Digugat

“(Tahun) 2011: kami menayangkan semua tayangan kami dengan kapasitas 1.000 kbps, 2015: encoding per judul. Sekarang: encoding pintar per shot,” terang pihak Netflix dalam rilis resmi.

NetFlix secara khusus menyoroti penggunanya di Indonesia yang disebut menghabiskan waktu dua kali lipat lebih banyak melakukan streaming via smartphone, dibanding pengguna di negara lain.

Maka dari itu, Netflix turut menghadirkan fitur lainnya, user interface adaptif. Kegunaannya adalah untuk menyesuaikan antar muka pengguna (user interface) untuk smartphone Android entry-level, sehingga lebih ringan saat memuat video.

“Penyesuaian dilakukan dengan menyingkirkan gambar dan animasi berukuran besar, agar memori yang digunakan lebih sedikit,” tulis Netflix.

Netflix juga membagikan beberapa fitur lain yang bisa dimaksimalkan. Seperti smart download yang akan mengunduh episode berikutnya dalam serial dan menghapus riwayat episode sebelumnya.

BACA JUGA :  Layanan Google di Ponsel Huawei P30 Pro Dianggap Ilegal, Ini Alasannya!

Pengguna juga lebih mudah membagikan rekomendasi film atau serial di Netflix ke Instagram Stories, WhatsApp, atau Twitter.

Netflix juga menghimbau para orang tua untuk mengontrol tontonan putra-putrinya sesuai ketegori usia. Para orang tua bisa menggunakan PIN 4 digit yang bisa dipasang secara spesifik di setiap judul film yang tidak diinginkan orang tua untuk ditonton anak-anaknya.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×