Menu Tutup

Permudah Transaksi Non Tunai UMKM, Moka dan Go-Pay Berkolaborasi

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Moka. Moka berkolaborasi dengan Go-Pay untuk menyediakan transaksi non tunai bagi pelaku UMKM pengguna jasa Moka.

Dilansir dari detikINET dan Antara News, Kamis (1/8), alasan terjadinya kolaborasi diantaranya terjalin karena kesamaan visi dalam memberdayakan pedagang kecil.

“Kenapa berinteraksi dengan Gopay, patokannya GoPay paling tinggi (penggunanya). Diharapkan membawa keuntungan lebih banyak untuk masyarakat. Sudah dibilang ini takdirnya untuk bersama,” ujar Vice President Marketing and Brand Moka Bayu Ramadhan di Jakarta.

Tak hanya itu, kolaborasi itu juga menyediakan transaksi non tunai bagi pelaku UMKM pengguna jasa Moka.

“Para pelaku UMKM bertransaksi selama ini dengan konsumennya lebih banyak menggunakan tunai, bekerja sama dengan Gopay ini kita dorong kedepannya semakin sedikit penggunaan transaksi tunai,” ujar Bayu.

Saat ini, UMKM yang menggunakan aplikasi PoS Moka sudah berjumlah sebanyak 20.000 pengguna yang tersebar di lebih 200 kota dan kabupaten di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, pada 2018 transaksi non tunai kurang dari 10 persen saja, sedangkan 80 persen lebih mengandalkan transaksi uang tunai.

Untuk tahun ini, Moka menargetkan transaksi non tunai UMKM pengguna jasanya bisa mencapai 40 persen.

Bayu menambahkan, kerjasama ini turut diharapkan bisa membuat transaksi non tunai berjalan lebih kuat dan aman dari risiko. Apalagi pemerintah juga sudah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Tidak perlu ribet kembalian dan antrian juga,” sambung Bayu.

Pada kesempatan yang sama, Head of Corporate Communications GoPay Winny Triswandhani mengatakan kerjasama tersebut dapat terjalin salah satunya karena Moka membawa visi yang sama dengan pihaknya.

“Moka ini visinya sama memang mau empowering pedagang kecil. Bukan cuma yang gerobakan tapi juga anak muda yang bikin kopi kekinian-lah, apa salon-lah, ini yang harus dibantu,” ujar Winny.

“Moka melakukan ini harapannya kita bisa bareng-bareng mengedukasi pedagang kecil di Indonesia untuk bergerak ke non-cash karena memang lebih mudah, kedepannya transaksi mereka aman,” lanjutnya.

Winny menambahkan, kerjasama ini juga merupakan upaya penguatan dan penambahan jumlah merchants yang menggunakan Go-Pay.

“Dengan Moka kami ingin menambah jumlah merchants sekarang 400 ribu kami sangat percaya dengan kolaborasi.”

Sebelum bersama Go-Pay, Moka telah menjalin banyak kerjasama sejak didirikan perdana pada 2014 silam. Diantaranya adalah OVO, Dana, LinkAja, AkuLaku, dan Kredivo.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×