Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro Resmi Dirilis

Teknologi 30 Agt 2019

Hai, MedForians!

Smartphone dari Redmi, anak perusahaan Xiaomi, dikenal sebagai pabrikan yang menghasilkan smartphone bertenaga kencang yang memiliki harga miring. Setelah beberapa waktu lalu heboh dengan kasus “ghoib” nya harga dari Redmi Note 7, kini Redmi meluncurkan penerus dari seri Redmi Note 7 yaitu seri Redmi Note 8, yang juga memiliki versi Pro nya.

Redmi Note 8

Dapur Pacu

Smartphone ini ditenagai chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 655 yang memiliki 8 core Kyro 260 yang terbagi menjadi dua bagian. Yaitu 4 core memiliki clockspeed hingga 2,2 GHz dan 4 core lainnya memiliki clockspeed hingga 1,8 GHz.

Kamera

Sektor kamera utama dari smartphone ini memiliki ukuran 48 Megapixel dengan sensor buatan Samsung, yaitu ISOCELL GM2. Sedangkan untuk kamera lainnya berupa kamera ultra wide angle yang memiliki ukuran 8 Megapixel, kamera depth sensor sebesar 2 Megapixel, dan kamera untuk fotografi makro dengan ukuran 2 Megapixel. Untuk sektor kamera depan, Redmi Note 8 memiliki kamera berukuran 13 Megapixel. Total ada 4 Kamera di bagian belakang dan 1 kamera di bagian depan.

Layar

Redmi Note 8 dibekali layar berukuran 6,3 Inch yang memiliki resolusi Full HD+. Namun, untuk memangkas harga produksi, ada konsekuensi yang terdapat di smartphone ini, yaitu panel layar tidak menggunakan panel OLED. Begitu juga dengan sensor fingerprint yang tidak berada di bagian layar (On Screen Fingerprint), melainkan berada di bagian belakang smartphone ini.

Spesifikasi Lainnya

Smartphone ini dibekali baterai sebesar 4000 mAh yang memiliki kecepatan charging sebesar 18 Watt. Dari segi konektivitas, smartphone ini dibekali port USB Type C dan audio jack combo 3,5 mm.

Harga

Smartphone ini dibanderol dengan harga 999 yuan (sekitar Rp 1,9 juta) untuk opsi 4/64 GB, 1.199 yuan (Rp 2,3 jutaan) untuk 6/64 GB, dan 1.399 yuan (Rp 2,7 jutaan) untuk versi 6/128 GB.  Smartphone ini tersedia dalam varian warna Black, White, dan Dream Blue.

Redmi Note 8 Pro

Redmi 8 Pro merupakan smartphone pertama di dunia yang memiliki kamera sebesar 64 Megapixel. Kamera tersebut menggunakan sensor kamera buatan Samsung, yaitu ISOCELL Bright GW 1, yang peluncurannya berbarengan dengan GM 2 yang dipakai di Redmi Note 8. Sensor ini memiliki teknologi quad-binning pixel (interpolasi pixel).

Layar

Layar dari Redmi Note 8 Pro memiliki ukuran yang lebih besar dari Redmi Note 8, yaitu sebesar 6,53 Inch dengan resolusi yang sama, yaitu Full HD+.

Kamera

Sektor kamera belakang dari Redmi Note 8 Pro memiliki konfigurasi yang sama dari Redmi Note 8. Perbedaan hanya terdapat di kamera utama. Sedangkan untuk kamera lainnya masih sama dengan Redmi Note 8, kamera ultra wide angle sebesar 8 Megapixel, kamera depth sensor sebesar 2 Megapixel, dan kamera macro sebesar 2 Megapixel. Perbedaan lainnya adalah posisi peletakkan susunan kamera, dimana kamera dari Redmi Note 8 berada di sisi pinggir smartphone dan kamera dari Redmi Note 8 Pro berada di tengah, mirip seperti Oppo Reno bila dilihat dari jauh. Kamera depan dari Redmi Note 8 Pro memiliki ukuran sebesar 20 Megapixel yang dibekali dengan berbagai fitur didalamnya.

Dapur pacu

Redmi Note 8 Pro dibekali chipset dari pesaing Qualcomm, Mediatek. Chipset yang digunakan yaitu Helio G90T, yang merupakan chipset khusus untuk gaming, sekaligus menjadikan smartphone ini yang pertama kali menggunakan chipset ini. Redmi Note 8 Pro juga menjadi smartphone pertama dari Redmi yang menggunakan teknologi Liquid Cooling Chamber untuk mengatasi panas dari chipset gaming ini.

Spesifikasi lainnya

Smartphone ini dibekali baterai sebesar 4500 mAh yang didukung kecepatan charging sebesar 18 Watt. Smartphone ini juga dibekali port USB Type C dan combo audio jack, sama seperti Redmi Note 8.

Smartphone ini dijadwalkan hadir di bulan September dan dibanderol dengan harga 1.399 yuan (Rp 2,7 jutaan) untuk versi 6/64 GB dan 1.799 yuan (Rp 3,5 jutaan) untuk varian tertinggi 8/128 GB. Smartphone ini tersedia dalam warna Black, Green, dan White.

Sumber : Detik.com

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa