Resmi! Huawei Rilis OS Terbaru Buatan Sendiri, HarmonyOS

Teknologi 10 Agt 2019

Hai, MedForians!

Huawei melakukan konferensi pengembang tahunannya hari ini, dan baru saja mengumumkan sistem operasi asli buatan mereka yang mereka beri nama HarmonyOS. Yang akhir-akhir ini diberitakan dengan nama OS Hongmeng.

Sistem Operasi HarmonyOS ini diklaim dapat menjalakan aplikasi Android, HTML5, Linux. “Mereka semua akan dapat berjalan di OS kami di masa depan,” kata Yu, CEO Huawei. Yu menambahkan bahwa ARK Compiler yang digunakan dalam pengembangan HarmonyOS juga akan mendukung Kotlin, Java, Javascript, C, dan C ++.

OS HarmonyOS 1.0 ini akan pertama kali diadopsi pada produk smartphone terbaru, yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Selama tiga tahun ke depan, HarmonyOS akan dioptimalkan dan secara bertahap akan diadopsi di berbagai perangkat lain nya.

Menggantikan Android?

CEO Huawei mengatakan HarmonyOS dapat menggantikan Android di smartphone-nya “kapan saja,” akan tetapi menegaskan kembali komitmen sebelumnya dengan platform Google.

“Jika kita tidak dapat menggunakan Android di masa depan, maka kita dapat segera beralih ke HarmonyOS,” Yu menjelaskan bahwa migrasi dari Android ke platform baru “tidak terlalu sulit.” ini artinya Huawei dapat segera meninggalkan Android dan mulai menggunakan OS Buatan mereka sendiri.

Produk pertama yang akan menggunakan HarmonyOS adalah perangkat Televisi Honor Vision , yang akan diluncurkan di Cina besok 10 Agustus.

Larangan pemerintah AS mempersulit kemampuan Huawei untuk menggunakan Android pada ponsel terbaru Huawei, sehingga HarmonyOS dipandang sebagai rencana B jika larangan perdagangan memengaruhi kemampuan Google untuk mendukung Huawei di masa depan. 

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Daniel Dwi Adrian

You never change things by fighting the existing reality. To change something, build a new model that makes the existing model obsolete