Menu Tutup

[Review] Kerjasama Conan dan Kaito Kid Teruji di Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire

Hai, MedForians!

Ulasan film kali ini hadir dari film Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire (Konjou no Fist). Perlu diingat bahwa film terbaru sekaligus film ke-23 dari seri Detective Conan itu menghadirkan cerita spesial, yang bersetting di Singapura. Film ini menjadi spesial karena film ini satu-satunya yang murni memiliki alur cerita di luar Jepang. Tak hanya itu, beberapa lokasi wisata ternama di Singapura menjadi saksi jalannya cerita film, seperti Marina Bay Sands dan patung Merlion.

Ulasan ini mengandung cerita spoiler bagi yang belum menonton filmnya, jadi harap menontonnya terlebih dahulu!

Cerita filmnya bermula ketika seorang pengacara wanita bernama Sheryl Tan terbunuh, dan dibarengi insiden ledakan. Sebelum terbunuh, Sheryl bertemu dengan Leon, mantan detektif yang beralih profesi menjadi pengusaha. Leon nantinya akan menjadi salah satu antagonis sekaligus menjadi sorotan karena menjadi pelaku pembunuhan.

Kembali kepada sang aktor utama, Conan Edogawa yang diculik paksa oleh Kaito Kid, rivalnya, dan dibawa ke Singapura. Kaito Kid yang memang dikenal sebagai pencuri spesialis dan ulung itu menyamar menjadi Shinichi Kudo, pacar dari Ran Mouri, sedangkan Conan menyamar menjadi warga lokal. Ran bersama ayahnya, seorang detektif terkenal Kogoro Mouri hendak berlibur bersama temannya Sonoko dan Makoto Kyougoku.

Makoto sendiri sempat nyaris membatalkan keikutsertaannya dalam sebuah turnamen karate di Singapura, dikarenakan sang pemberi sponsor, Sheryl meninggal. Namun berkat Sonoko, ia berhasil mengikuti turnamen.

Cerita mulai menjadi kompleks ketika mereka mulai dilibatkan oleh seorang detektif perbantuan bernama Rishi untuk memecahkan kasus pembunuhan Sheryl. Kogoro Mouri pun diminta juga oleh Leon untuk menjaga sebuah permata bernama The Fist of Blue Sapphire. Permata itu juga yang menjadi target pencurian Kaito Kid selanjutnya.

BACA JUGA :  September 2019, Netflix Hadirkan Movie Terbaru Kabaneri

Kaito Kid sempat beberapa kali dijebak oleh Leon, dan mengalami luka cukup parah. Selain Sheryl, korban pembunuhan juga menimpa sekretaris Leon yang ditumbalkan untuk memenuhi ambisinya dan terbebas dari kasus. Tapi pada akhirnya, Conan (Shinichi Kudo yang asli) berhasil membantu Kaito Kid sekaligus memecahkan masalah.

Leon juga memiliki andil untuk membuat mental Makoto jatuh dengan mengincar dan melukai Sonoko secara tidak langsung dalam sebuah insiden. Hal itu tentu membuat Makoto lebih mengalah, dan terjadilah konflik dengan Sonoko yang merasa dibohongi.

Tapi, bukan Leon saja yang mengincar Sonoko. Meski Leon sudah berkerja sama dengan bajak laut dan pemilik kapal tanker untuk berniat menghancurkan Singapura, namun ternyata Rishi bakal ikut berpengaruh besar karena nantinya menjadi otak pelaku teror dan penyerangan kota.

Cerita Film Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire memiliki alur yang bagus dan menarik, disertai pemecahan masalah khas Conan Edogawa. Kerjasama “terpaksa” sekaligus apik terbangun antara Kaito Kid dan Conan untuk memecahkan masalah dan kasud kriminal. Film ini juga menghadirkan sejumlah aksi menawan, diantaranya pertarungan Kaito Kid melawan Makoto, dan Makoto melawan juara bertahan turnamen karate di Marina Bay Sands. Sayangnya, pemecahan kasus ini tidak dibarengi insiden “Kogoro Mouri Tidur” yang khas.

BACA JUGA :  Film Anime Hello World Dapatkan Anime Spinoff, Another World

Tak hanya itu, tak dijelaskan mengapa Rishi yang awalnya merupakan detektif, justru bekerja sama dengan bajak laut. Meski diceritakan motif Rishi untuk balas dendam terkait kematian ayahnya karena Leon, namun tidak dijelaskan mengapa Rishi bisa bekerja sama dengan mereka. Tak lupa juga, tidak diketahui mengapa para bajak laut bisa mengetahui keberadaan Sonoko, yang merupakan putri pewaris pengusaha ternama Suzuki.

Kredit khusus diberikan karena pada akhirnya, Ran mengetahui penyamaran Kaito Kid. Kaito Kid yang nyaris tertangkap polisi, pada akhirnya bisa lolos. Di akhir film, diberikan bocoran bahwa akan ada cerita baru dari Detective Conan, yang akan hadir pada tahun depan. Diprediksi bahwa cerita tersebut adalah film baru.

Patut dinantikan kisah terbaru Conan berserta kasus kriminal dan pembunuhan lainnya pada tahun 2020!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×