Menu Tutup

Tenki no Ko Direncanakan Terpilih Sebagai Wakil Jepang di Piala Oscar

Hai, MedForians!

Kabar terbaru hadir seputar Tenki no Ko (Weathering With You). Film terbaru dari Makoto Shinkai direncanakan bakal terpilih sebagai wakil Jepang di Piala Oscar.

Jepang menunjuk film Makoto Shinkai’s Weathering With You (Tenki no Ko) untuk dipertimbangkan dalam kategori “Best International Feature Film” di acara yang bernama lain Academy Awards tersebut.

Film ini adalah anime pertama yang Jepang ajukan dalam kategori tersebut sejak film karya dari Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli, Princess Mononoke pada tahun 1998 silam. Selain Mononoke, Jepang dahulu juga pernah mengirim karya Ghibli lainnya, Pom Poko dalam ajang itu. Tak hanya itu, karya dari Makoto Shinkai ini menjadi yang pertama di luar dari Studio Ghibli.

Ini akan menjadi yang kedua kalinya karya Makoto Shinkai mewakili Jepang dalam penghargaan itu. Sebelumnya, Kimi no Na Wa (Your Name) sempat diajukan untuk “Best Animated Feature” oleh Funimation Films pada 2016, tetapi akhirnya tidak dinominasikan.

Hanya satu film dari masing-masing negara yang dapat dipilih untuk penghargaan “Best International Feature Film”, dengan ketentuan bahwa bahasa utama pada film tersebut adalah non-Inggris.

BACA JUGA :  Penayangan Film Spinoff Violet Evergarden Bakal Kembali Diperpanjang

Jepang berada di peringkat ke-4 dalam daftar untuk penghargaan, dengan 16 film yang diserahkan ke Akademi dinominasikan dan 4 pemenang selama 65 tahun terakhir. Pemenang terbaru untuk Jepang adalah Departures film 2008, dan nominasi terbaru adalah Shoplifters pada tahun lalu.

Tidak diketahui apakah pengajuan ini akan mendiskualifikasi Weathering With You dari penghargaan “Best Animated Feature” jika diajukan oleh GKIDS setelah film tersebut memiliki jangka waktu terbatas pada akhir 2019 di Amerika Serikat sebelum dirilis secara luas pada tahun depan.

Kabar terakhir menyebutkan bahwa Weathering With You dibuka di bioskop Australia pada 22 Agustus dan saat ini diputar di seluruh benua.

Sejak dirilis pertama kali di Jepang pada Juli lalu, Tenki no Ko (Weathering With You) telah meraih lebih dari 10 Milyar yen, atau tepatnya telah menghasilkan 10.073.344.500 yen (sekitar US $ 94,59 juta), dengan menjual 7.519.350 tiket dalam 34 hari sejak 21 Agustus lalu. Hasil tersebut menjadikannya film terbaik ke-10 berpenghasilan tertinggi sepanjang masa di Jepang.

BACA JUGA :  Cuplikan Baru Dari Film JoJo yang Hilang Telah Ditemukan!

Film Jepang terakhir yang menghasilkan lebih dari 10 miliar yen adalah karya Shinkai sebelumnya, Your Name pada 2016. Weathering With You juga sekarang menjadi film terlaris di Jepang tahun ini.

Data terakhir pada Minggu (25/8) kemarin, Tenki no Ko kembali di posisi puncak box office Jepang, dengan 305.000 tiket terjual dan meraih 421 juta yen. Dengan begitu, pemasukan mereka kembali bertambah, dari 8 juta tiket terjual habis dan meraih 10,73 milyar yen.

Sumber: Anime News Network, Crunchyroll

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×