Update Terbaru Google Chrome Hadirkan Dark Mode

Teknologi 3 Agt 2019

Hai, MedForians!

Fitur dark mode atau mode gelap kini diterapkan pada update terbaru browser Google Chrome versi 76 yang dirilis beberapa hari lalu.

Dilansir dari Cnet melalui Kompas Tekno, sesuai dengan namanya, mode gelap dapat mengubah warna background pada aplikasi menjadi gelap. Mode gelap ini dikhususkan untuk lebih ramah pada mata pengguna (User Interface) dan dapat membuat daya tahan baterai perangkat jadi lebih lama karena lebih minim memakai daya.

Chrome 76 adalah versi terbaru dari browser tersebut yang dapat diunduh baik pada komputer desktop maupun perangkat dengan sistem operasi Chrome OS.

Hadirnya mode gelap pada Google Chrome sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Pada akhir April lalu, Google sudah lebih dulu memasang mode gelap pada Chrome versi Android meski belum sempurna.

Untuk mengaktifkan mode gelap yang tersedia harus diaktifkan dengan cara, Pengguna harus mengetik ” chrome://flags” tanpa tanda kutip pada kolom pencarian dan tekan enter atau klik telusuri.

Setelahnya, pengguna akan masuk pada menu Google Chrome Flag. Untuk menemukan tombol aktivasi mode gelap, pengguna cukup mengetik “Android Chrome UI dark mode”, kemudian tekan enter.

Google juga telah menambal celah keamanan yang memungkinkan peretas mengintip aktivitas pengguna meski dalam mode penyamaran (Incognito).

Selain kehadiran mode gelap, Google juga mematikan Flash secara default pada Chrome 76. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk menonaktifkan penggunaan Flash pada tahun depan.

Ke depan, Google sudah menyediakan fitur mode gelap pada sejumlah aplikasi dan layanan miliknya seperti YouTube, Google Keep, hingga pada Android Q.

Tag

Daniel Dwi Adrian

You never change things by fighting the existing reality. To change something, build a new model that makes the existing model obsolete