Menu Tutup

Android 10 Resmi Dirilis, Sajikan Dark Mode dan Fitur Menarik Lainnya

Hai MedForians!

Hari ini (3/9), Google merilis versi terbaru dari Android, yaitu Android 10.

Terbaru dengan Angka Sepuluh

Sebelumnya, versi terbaru ini memiliki nama Android Q, sesuai pola penamaan alfabetis Android.

Dan seperti biasanya, pengguna Pixel dapat mencicipi Android 10 lebih awal pada 3 September ini. Selain Google Pixel, Essential Phone dan berbagai model lain juga bisa mencoba Android 10 lebih awal.

Sementara menurut Google, rekanan manufaktur lain akan mendapatkan Android 10 pada akhir tahun ini. Namun, tidak ada informasi mengenai manufaktur atau model smartphone yang dimaksud.

Fitur-fitur baru di Android 10 (Sumber: Laman resmi Android)

Android 10 sendiri hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, mulai dari teknologi, sistem keamanan dan privasi, termasuk desain. Salah satu fitur yang tersedia adalah dukungan bawaan untuk perangkat layar lipat.

Selain itu, navigasi berbasis gestur juga tampil baru dan membuat pengalaman memakai smartphone lebih baik. Fitur lain yang tidak kalah ditunggu-tunggu kehadirannya di Android adalah Dark Mode.

BACA JUGA :  Realme 5 dan Realme 5 Pro, Ponsel 4 Kamera Harga Terjangkau

Beberapa pembaruan yang juga hadir di Android paling anyar ini adalah peningkatan fitur adaptive battery, update sistem dan keamanan yang lebih cepat, termasuk kontrol privasi yang lebih menyeluruh.

Tidak Lagi Bernama Cemilan

Dilansir dari Liputan6, menurut VP of Product Management Android Sameer Samat, pemakaian nama dessert untuk Android ternyata tidak selalu dimengerti oleh masyarakat global.

Dia mencontohkan, di beberapa bahasa, pengucapan L dan R yang tidak jauh berbeda ternyata menciptakan efek tersendiri untuk Android.

Samat menuturkan, tidak jarang saat nama Android Lollipop diucapkan, masih ada orang yang tidak mengetahuinya sebagai penerus KitKat.

“Lebih sulit bagi pengguna Android baru, yang tidak mengetahui pola penamaan ini. Jadi, mereka sulit mengetahui apakah smartphone-nya menjalankan versi terbaru,” tulis Samat.

Sejumlah itu, beberapa makanan yang digunakan untuk nama Android ternyata tidak familiar bagi sejumlah orang.

Sebagai contoh, pie tidak termasuk dessert di sejumlah wilayah dan marshmallow tidak terlalu populer di banyak tempat di dunia.

BACA JUGA :  Huawei Mate 30 Pro Resmi Diumumkan, Gunakan Android, Kirin 990, dan 5G

“Sebagai sistem operasi global, penting untuk memakai nama yang jelas dan dipahami oleh semua orang. Jadi, untuk rilis Android selanjutnya, Android akan dipanggil sebagai Android 10,” tulis Samat. 

Nah bagaimana MedForians, sudah siapkah kalian mencoba Android terbaru ini? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×