Menu Tutup

Bushiroad Bocorkan Kunci Kesuksesan BanG Dream! Dalam Industri Anime

Hai, MedForians!

Idol joget-joget mungkin terlalu mainstream, akan tetapi idol ngeband mungkin hal yang baru di dunia Anime Jepang. Salah satunya adalah BanG Dream. Awalnya ide tersebut berasal dari pendiri Bushiroad yakni Takaaki Kidani pada Maret 2014 yang lalu.

Taaki Kidani terang-terangan menceritakan awal sepak terjang BanG Dream di Oricon pada hari Minggu (15/7).

Belum ada contoh dari idol pendahulu yakni para seiyuu dibuat menjadi sebuah band.

Semua orang berpikir itu bahwa hal yang sangat mustahil.

Suatu hari, para anggota menghabiskan hingga 10 jam sehari untuk berlatih.

Taaki Kidani

Dia menyebutkan bahwa Poppin’ Party diciptakan sebagai girl band “orthodox”. Meskipun ada banyak kasus dalam di mana karakter utama dikalahkan oleh kelompok lain, dia percaya bahwa kerja keras ini adalah memungkinkan Poppin’ Party untuk mendapatkan popularitas mereka sendiri.

Ketika ditanya bagaimana menurutnya BanG Dream! akan mempertahankan popularitasnya di masa depan, Kidani mengatakan bahwa ada dua jalan yang mungkin:

  1. Karakternya akan bertambah usia seiring berjalannya waktu dalam kehidupan nyata; atau
  2. Akan menjadi gadis SMA selamanya.

Kidani secara pribadi lebih menyukai opsi yang terakhir.

Saya ingin kehidupan nyata band ini berlanjut selama mungkin, tetapi saya tidak berpikir ada kebutuhan untuk memikirkan kenyataan saat ini.

Yang penting saya katakan sekarang adalah saat ini BanG Dream! udah matang. Saya berharap karakter baru dan band baru akan muncul. Saya pikir dengan menambahkan anggota baru, fanbase Bandori akan berkembang lebih jauh.

Taaki Kidani

Kidani tidak begitu optimis tentang industri anime secara keseluruhan. Namun ia menyatakan tanpa ragu bahwa jumlah anime akan berkurang.

Ketika biaya produksi naik, bisnis Cina membeli lebih sedikit anime, BanG Dream! masih aman dalam hal penjualan barang dagangan dan konser, akan tetapi untuk daerah itu masih banyak yang harus ditingkatkan.

Taaki Kidani

Kidani juga menyampaikan kearifan industri konvensional bahwa anime berfungsi sebagai iklan untuk karya-karya lain dalam franchise campuran media, dengan mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir semakin sulit untuk membuat orang menonton anime.

BACA JUGA :  Episode ke-17 Anime Celestial Method Resmi Tayang di YouTube

Kidani menunjukkan bahwa salah satu kekuatan dari karya Bushiroad adalah penekanannya pada hiburan langsung.

Pria tidak cenderung menonton pertunjukan panggung, tetapi dengan hal-hal seperti pemetaan proyeksi, kita dapat membuat 20 hingga 30 adegan dengan satu panggung, dan kita bekerja lebih keras dengan make-up dan kostum.

Taaki Kidani

Namun, di sisi lain, ia mencatat bahwa anime dan game pada dasarnya adalah produk digital, dan bahwa saat ini para penggemar datang untuk lebih menikmati acara langsung, nilai media digital menurun.

BACA JUGA :  Film Anime Haifuri Siap "Berlayar" Perdana Januari 2020

Ini tidak berarti BanG Dream! pindah dari anime, seperti yang ditunjukkan Kidani di akhir wawancara. Salah satu kerepotan terbesar dalam pertunjukan live adalah menyiapkan venue, tapi itu bukan keharusan untuk anime.

Kita dapat membuat hal-hal terjadi di media digital yang tidak mungkin dilakukan di kehidupan nyata.

Kidani mengatakan bahwa ia ingin melakukan siklus di mana peristiwa kehidupan nyata terjadi, diikuti dengan peluncuran media digital, dan sebagainya.

Sumber: Anime News Network

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×