Menu Tutup

Cuplikan Baru Dari Film JoJo yang Hilang Telah Ditemukan!

Hai, MedForians!

Sebelum JoJo’s Bizarre Adventure diadaptasikan menjadi serial anime oleh David Productions, manga karangan Hirohiko Araki ini sebelumnya telah diadaptasi menjadi serial OVA (Original Video Animation) oleh studio animasi Another Push Pin Planning (A.P.P.P., dibaca “A Three P”) pada tahun 90an-2000an.

Serial OVA tersebut mengadaptasikan bagian ketiga dari kisah JoJo, Stardust Crusaders, dimana bagian akhir ceritanya dianimasikan pada tahun 1993-1994 sementara bagian awalnya dianimasikan di tahun 2000-2002. Meski memiliki cerita yang sama, OVA ini memiliki beberapa perubahan yang membuatnya berbeda bila dibandingkan dengan versi manga dan versi anime buatan David Pro, diantaranya atmosfir yang lebih kelam dan sisi horor dan action dari JoJo yang lebih dipentingkan ketimbang sisi jenakanya.

Kesuksesan OVA ini mendorong studio A Three P untuk mengadaptasi bagian lain dari kisah JoJo, salah satunya adalah bagian pertama, Phantom Blood.

Pada 17 Februari 2007, dirilis film animasi layar lebar yang mengadaptasikan Phantom Blood, dibuat untuk merayakan ulang tahun JoJo yang saat itu berusia 20 tahun. Film ini dikenal di dunia anime bukan karena kualitasnya, melainkan statusnya sebagai film yang “hilang”.

Setelah diputar di bioskop, film ini sayangnya tidak dirilis dalam bentuk DVD ataupun digital. Banyak yang bertanya-tanya mengapa film ini tidak bisa ditonton oleh kalangan awam yang tidak sempat menonton versi bioskopnya. Salah satu rumor yang sering menjadi alasan utamanya adalah sang kreator Araki sangat kecewa dengan kualitas film ini. Saking kecewanya, dia menyimpan filmnya agar tidak ditonton oleh siapa pun, karena dia takut mereka juga akan ikut dikecewakan filmnya.

BACA JUGA :  Sally Amaki Konfirmasikan Kedatangannya di Acara Creators Super Fest 2019

Beberapa tahun setelah film itu diputar dan menjelang penayangan JoJo versi David Pro, beberapa oknum mengaku bahwa mereka sudah menonton film Phantom Blood, baik itu secara langsung di bioskop Jepang saat film itu pertama kali dirilis maupun melalui versi bajakan. Mereka mengklaim kalau kualitas film tersebut memang tidak bagus, dikarenakan beberapa perubahan yang dibuat oleh A Three P agar menyesuaikan durasi filmnya, salah satunya adalah ketidak hadiran salah satu tokoh penting di manganya, Speedwagon.

Meski memiliki banyak materi promosi berupa poster dan ilustrasi dari berbagai majalah, cuplikan beresolusi tinggi dari film ini sangat sulit untuk ditemukan, namun ada tiga cuplikan yang berhasil ditemukan oleh beberapa oknum.

Cuplikan pertama adalah teaser trailer yang bisa ditonton dalam adaptasi video game Phantom Blood yang dirilis di tahun 2006 untuk PlayStation 2. Teaser trailer ini tidak memiliki sulih suara karakternya.

Cuplikan kedua adalah trailer untuk filmnya dengan teks bahasa Inggris.

Cuplikan ketiga diambil oleh seorang mahasiswa dari suatu universitas yang mendapatkan cuplikan 16 menit awal filmnya. Dia mengatakan video ini ia dapat dari dosennya yang kenal dengan salah satu pegawai A Three P. Seperti teaser trailernya, video ini tidak memiliki pengisian suara dan beberapa bagiannya hanya sebatas animatik.

BACA JUGA :  Anime Rikekoi Luncurkan Visual Baru, Tayang Januari 2020

Akhir-akhir ini, cuplikan keempat dari film Phantom Blood berhasil ditemukan oleh pengguna YouTube bernama Red Mango/MangaMation yang mendapatkannya setelah memesan sebuah DVD-RW yang dijual di situs eBay oleh oknum yang pernah bekerja untuk cabang Amerika Serikat A Three P, Super Techno Arts. Video tersebut merupakan teaser trailer Phantom Blood yang diputar dalam acara Tokyo International Anime Fair di tahun 2004.

Mengingat ini adalah versi awal dari film aslinya, ada beberapa elemen yang tidak hadir di produk finalnya, seperti animasi yang agak berbeda dan kehadiran Speedwagon.

Masih belum jelas kapan film hilang ini bisa ditemukan secara utuh dan bisa ditonton oleh semua kalangan, namun pencarian untuk cuplikan film ini masih terus berlanjut.

Sumber: JoJo Wiki

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×