Hatsune Miku ''Hengkang'' dari Vocaloid

Pop Kultur 5 Sep 2019

Hai, MedForians!

Kabar mengejutkan datang dari Vocaloid yang hampir menjadi kesukaan semua orang di dunia yaitu Hatsune Miku. Dikabarkan, Hatsune Miku ”hengkang” dari Vocaloid, namun bagaimana kejelasannya?

Hatsune Miku “Hengkang”

Pasalnya, pada event Hatsune Miku : Magical Mirai 2019 di Tokyo, Wataru Sasaki (kepala pengembangan karakter Piapro) dari Crypton Future Media, mengumumkan dalam sesi pembicaraan , memaparkan beberapa rincian tentang Project Hatsune Miku dan pengembangan perangkat lunak vokal synth Piapro untuk masa yang akan datang.

Sederhananya, Crypton Future Media akan memindahkan Hatsune Miku dan Karakter lainnya dari mesin Vocaloid milik Yamaha. Hal tersebut menjadi perubahan terbesar yang terjadi dalam program software Hatsune Miku sejak kemunculan perdananya di tahun 2007 silam.

Perubahan yang terjadi

Banyak penggemar yang bingung dan khawatir akan “Hengkang”- nya Hatsune Miku. Berikut beberapa rincian yang menunjukkan perubahannya, yang mungkin akan berpengaruh terhadap konsumen musik Vocaloid dan para produser musik Vocaloid :

  • Voicebank Hatsune Miku dan karakter lainnya akan menjadi kurang terikat dengan mesin Vocaloid milik Yamaha.
  • Tidak ada pembaruan menggunakan mesin Vocaloid milik Yamaha.
  • Mesin / produk baru untuk karakter dikembangkan menggunakan algoritma in-house oleh Crypton Future Media.
  • Mesin baru ini telah dikembangkan selama 2 tahun.
  • Produk baru ini bertujuan agar kompatibel dengan alat yang ada.
  • Produk baru saat ini tidak memiliki nama.
  • 11 VST efektor baru akan dimasukkan dalam produk baru. Ini termasuk Cherry Pie, HS Booster, Vocal Drive dan banyak lagi.
  • Tambalan / pembaruan pada voicebank telah tersedia.
  • Produk baru akan dirilis sebagai seri baru bersama dengan Piapro Studio generasi berikutnya pada 2020.
  • Hubungan dengan Yamaha akan terus berlanjut (promosi synth vokal, dan kemitraan lainnya).
  • Info lebih lanjut tentang perubahan ini akan diumumkan pada akhir tahun ini.

Apa dampaknya ini bagi penggemar Hatsune Miku dan Cryptonloid sebagai pendengar? Mungkin tidak terlalu banyak, karena langkah ini bertujuan untuk membuat Miku tetap dalam keadaan seperti saat ini, selagi menambahkan lebih banyak fungsi dan meningkatkan alat yang tersedia untuk para produser musik. Dan untuk produser, ini berarti lebih banyak opsi dan fleksibilitas dalam produksi, dan bahkan mungkin harga produk yang lebih rendah karena tidak akan ada biaya royalti yang dibayarkan kepada Yamaha di masa depan.

Perubahan ini memungkinkan Crypton lebih fleksibel dalam memperbarui dan menambahkan perangkat lunak mereka, yang menciptakan hal yang lebih menarik di masa depan bagi semua orang! Untuk informasi lebih lanjut, kita harus menunggu pengumuman yang lebih mendalam dari Crypton Future Media dan Yamaha pada akhir tahun ini.

Sumber : mikufan.com

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa