Menu Tutup

Japanese Festival Grand Batam Mall, Ajang Ekspresi Komunitas Jejepangan

Hai, MedForians!

Di hari penyelenggaraan yang sama dengan Comic Frontier dan Jak-Japan Matsuri di Jakarta, di Batam seolah tak mau kalah dengan gegap gempita komunitas jejepangan ibukota. Ya, Japanese Festival telah dilaksanakan sejak tanggal 5-8 September lalu. Bertempat di Grand Batam Mall, sebuah pusat perbelanjaan baru di Batam, acara ini diselenggarakan dalam banyak agenda. Seperti perlombaan komik 4 panel, perlombaan cosplay, hingga pameran dan bincang-bincang.

Cosplayer yang beraksi di atas panggung Japanese Festival, Grand Batam Mall
Cosplayer yang beraksi di atas panggung Japanese Festival, Grand Batam Mall

Redaksi baru dapat menghadiri acara ini di hari terakhir penyelenggaraan acara. Namun suasananya tak kalah ramainya. Ada banyak stan komunitas, kuliner jejepangan, hingga institusi pendidikan yang menawarkan studi ke Negeri Sakura. Ada Tomodachi, Otaku Batam Club, UIB J-Club, hingga Zettamind Studio.

Dimulai dari bagian depan, tampak gerbang merah khas jejepangan menyambut, dengan tanabata yang berada di samping stan milik Otaku Batam Club. Ornamen khas jejepangan juga hadir di setiap stan. Tak hanya di depan lokasi acara, di panggung pun gerbang merah juga turut menghiasi.

BACA JUGA :  Rider Baru dan Legend Rider Progrise Key Zero-One Dibocorkan!
Ornamen Jepang klasik berpadu dengan action figure.
Ornamen Jepang klasik berpadu dengan action figure.

Banyak Komunitas yang Meramaikan Acara Ini

Di stan milik UIB J-Club, pengunjung dapat mencoba membuat shodō, seni kaligrafi asal Jepang. Selain itu, terdapat gim menarik dan gacha berhadiah. Stan ini cukup ramai dikunjungi.

Papan tanda stan milik UIB J-Club.
Papan tanda stan milik UIB J-Club.

Di sebelahnya ada komunitas Tomodachi, komunitas jejepangan yang cukup besar di Batam. Disana terdapat barang-barang seperti Omikuji, sarung bantal, hingga tak ketinggalan gantungan kunci. Tomodachi juga menyelenggarakan kompetisi cosplay yang diikuti puluhan cosplayer dari penjuru Batam. Bukan hanya cosplayer senior, para pendatang baru juga turut ikut serta menampilkan kebolehannya.

Ada Kaname Madoka di stan milik Tomodachi
Ada Kaname Madoka di stan milik Tomodachi.

Ada juga Zettamind Studio, yang menyelenggarakan perlombaan komik 4 panel yang dilaksanakan pada hari Sabtu lalu. Karya-karya peserta dipajang di bagian depan stan mereka. Pengunjung juga dapat mencoba menggambar karakter di tempat yang telah disediakan. Di stan ini juga, karya-karya berupa komik dan novel yang diterbitkan Zettamind juga ditampilkan.

BACA JUGA :  Digelar Besok, Yuk Seru-seruan di Blok M J-Pop Culture Fest!
Stan Zettamind Studio. Serba komik.
Stan Zettamind Studio. Serba komik.

Acara Japanese Festival ini juga menyedot perhatian berbagai lapisan masyarakat yang hadir di Grand Batam Mall. Banyak pengunjung yang ikut berswafoto bersama para cosplayer.

Semoga acara seperti ini tetap ada dan selalu eksis sebagai ajang unjuk karya dan ekspresi penggiat popkultur di Bandar Dunia Madani.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×