Logo Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Dirilis

Kreasi Sep 07, 2019

Hai MedForians!

Gelaran piala dunia 2022 tinggal beberapa tahun lagi, namun logo dari event sepakbola sejagat itu sudah dirilis. Mengutip dari laman resmi FIFA, logo yang dirilis pada 3 Septemper pukul 20:22 waktu Qatar tersebut memiliki beberapa makna dibaliknya.

Desain logo mewujudkan visi acara yang menghubungkan dan melibatkan seluruh dunia, sementara juga menampilkan unsur-unsur mencolok budaya Arab lokal dan regional dan kiasan untuk permainan yang indah.

Kurva menukik pada logo mewakili undulasi bukit pasir gurun dan loop tak terputus menggambarkan nomor delapan – pengingat dari delapan stadion yang menakjubkan yang akan menjadi tuan rumah pertandingan dan simbol infinity, mencerminkan sifat saling berhubungan dari acara tersebut. 

Selain menggemakan bentuk Trofi Piala Dunia FIFA yang ikonik, bentuk sentral lambang ini mengambil inspirasi dari selendang wol tradisional. Selama bulan-bulan musim dingin, selendang tersebut dikenakan di seluruh dunia dan di wilayah Arab dan Teluk khususnya oleh berbagai orang dan berbagai gaya.

Detail sulaman rumit yang menghiasi syal pada logo tersebut mengambil inspirasi dari berbagai budaya di Asia dan populasi Qatar yang beragam. Garmen musim dingin yang diilhami secara regional juga menyinggung tanggal mulai turnamen yang digelar pada musim dingin, tepatnya pada bulan November dan Desember.

Jenis fontasi baru yang dibuat untuk menemani logo tersebut menata kembali kaligrafi Arab tradisional dalam font baru dan kontemporer, mengambil inspirasi dari wilayah dan Asia, dan menggabungkan tradisi dengan modernitas. 

Bukan hanya diperkenalkan di Qatar

Mengutip dari BBC Sport, logo piala dunia 2022 juga diproyeksikan di Leicester Square London, Time Square New York, Gare du Nord di Paris dan berbagai tempat lainnya di 27 kota besar di dunia.

Logo Piala Dunia 2022 diproyeksikan ke sejumlah bangunan paling ikonis di negara itu termasuk pasar Souq Waqif (Sumber: BBC/Getty Images)
Sebuah papan elektronik menampilkan logo resmi Piala Dunia FIFA di Qatar 2022 di Buenos Aires, Argentina (Sumber: BBC)

Lantas, bagaimana menurut MedForians? Apakah MedForians suka dengan logo tersebut? Bagikan komentarmu dibawah

Sumber: Laman resmi FIFA dan BBC Sport

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.