Semakin Rusuh, Kominfo Blokir Internet di Wamena, Papua

Teknologi 24 Sep 2019

Hai, MedForians!

Gelombang demonstrasi di Wamena, Papua yang semakin rusuh memico Kominfo untuk memblokir internet di daerah tersebut.

Kembali Dibatasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan untuk melakukan pembatasan akses internet di Wamena menyusul kerusuhan yang terjadi hari ini, Senin (23/9).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara disebut telah memberi arahan kepada operator untuk melakukan pembatasan akses internet di Wamena. Operator juga telah melakukan pembatasan akses internet tersebut.

Saat ini operator seluler Telkomsel dan Indosat sudah mulai memberlakukan pembatasan internet tersebut di Wamena.

Walaupun begitu, layanan telepon dan SMS Telkomsel masih dapat digunakan seperti biasa dan terus dapat dimanfaatkan demi kenyamanan masyarakat setempat.

“Telkomsel senantiasa melakukan pemantauan kualitas layanan secara berkala hingga nanti diputuskan oleh pemerintah untuk pemulihan akses layanan data,” kata VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

Dilansir dari CNN Indonesia dan KompasTekno, “Barusan dapat update Pak Menteri sudah meminta operator untuk pembatasan layanan data di Wamena dan sudah dilakukan oleh operator,” ungkap Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dalam pesan singkat, Senin (23/9).

Sudah Pernah Terjadi

Sebelumnya ada 29 kabupaten/ kota di Provinsi Papua yang tidak bisa mengakses internet.  Namun, pada 11 September 2019 Kemenkominfo memastikan telah mencabut pemblokiran internet di seluruh Papua Barat.

Kemenkominfo mengklaim blokir internet efektif menekan penyebaran hoaks, kabar bohong, dan ujaran kebencian mengalami penurunan sejak 31 Agustus 2019.

Puncak peredaran hoaks diklaim terjadi pada 31 Agustus 2019 dengan URL mencapai 42.000. Angka tersebut terus menurun hingga per 12 September 2019, hanya terdapat sekitar seribu URL terkait hoaks isu yang terjadi di Papua.

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast