Menu Tutup

Semua yang Baru dari Apple Event: iPhone 11, dan Lainnya

Hai, MedForians!

Apple baru saja menyelenggarakan ajang peluncuran produk musim gugur tahunannya pada hari Selasa waktu setempat. Pada Apple Event kali ini, perusahaan asal Cupertino ini meluncurkan iPhone, Apple Watch dan iPad baru, serta rincian terbaru mengenai layanan Apple TV+ dan Apple Arcade.

Mari simak apa saja yang diperkenalkan!

iPhone 11

Perusahaan ini memulai helatan Apple Event ini dengan mengenalkan tiga smartphone baru, termasuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Ketiga perangkat ini terlihat mirip dengan pendahulunya.

Meskipun begitu, Apple telah meningkatkan sistem kamera masing-masing iPhone terbaru ini untuk memungkinkan foto wide angle, seiring membuat perbaikan sistem yang menghasilkan masa pakai baterai lebih lama dan kinerja lebih cepat dari iPhone sebelumnya.

Ketiga seri iPhone 11 ini memiliki faktor bentuk yang serupa dengan pendahulunya, iPhone XS dan iPhone XS Max. Yang membedakan hanya kamera triple-lens di bagian belakang di seri Pro dan Pro Max.

Kamera tiga lensa di perangkat ini terbagi menjadi kamera telefoto, kamera sudut lebar yang memungkinkan menangkap cahaya masuk 40% lebih banyak, serta kamera ultra lebar dengan bidang pandang 120 derajat. Kamera ini juga mampu merekam video resolusi 4K pada 30 frame per detik.

Baik iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max mendapatkan upgrade spesifikasi besar-besaran, membuatnya lebih cepat, dan menggunakan daya yang lebih kecil. Baterai iPhone 11 Pro dapat bertahan lebih lama empat jam dibandingkan dengan iPhone XS, dan iPhone 11 Pro Max memiliki masa pakai baterai lima jam lebih lama.

Pada rentang harga $699, iPhone 11 $50 lebih murah dari pendahulunya, iPhone XR. Perangkat ini memiliki layar 6,1 inci, masa pakai baterai lebih lama satu jam dibandingkan dengan iPhone XR, Face ID yang lebih cepat, dan chip Bionic A13, menjadikannya “ponsel pintar drngan CPU dan GPU tercepat dalam sejarah,” kata Apple. IPhone 11 hadir dalam enam warna baru, yakni ungu, hijau, kuning, putih, merah dan hitam.

BACA JUGA :  Intel Resmi Perkenalkan Chip Prosesor AI Untuk Cloud dan Data

Semua seri iPhone terbaru ini tersedia untuk pre-order mulai Jumat pukul 5 pagi waktu Pasifik dan akan mulai dikirimkan pada 20 September. Pembaruan perangkat lunak terbaru Apple, iOS 13, diluncurkan pada 16 September untuk iPhone 6S dan yang lebih baru.

Apple Watch Series 5

Apple juga meluncurkan Watch Series 5, yang dibanderol mulai dari $399 dan menampilkan layar selalu aktif yang baru. Meski begitu, perangkat ini memiliki daya tahan baterai selama 18 jam, yang dimungkinkan karena teknologi layar OLED yang khusus dibuat oleh Apple.

Perangkat smartwatch ini menyertakan layar always-on baru, yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat waktu dan pemberitahuan ketika mereka belum mengangkat pergelangan tangan mereka. Bahkan dengan layar always-on, Apple Watch terbaru ini masih memiliki daya tahan baterai 18 jam, berkat tampilan polisilikon dan oksida suhu rendah baru, serta driver layar berdaya rendah.

Apple Watch Series 5 dipasarkan mulai dari $399 untuk versi GPS, dan $499 untuk versi dengan konektivitas jaringan 4G. Smartwach ini telah tersedia untuk dipesan hari ini dan mendarat di toko retail pada 20 September.

Apple ternyata juga masih menjual Watch Series 3 yang lebih lama, dan menurunkan harganya menjadi $199 saja.

iPad Baru

Secara tak terduga Apple juga mengumumkan iPad generasi ketujuh, yang dibandrol dengan harga $329. Seri iPad terbaru ini kini memiliki layar retina sebesar 10,2 inci, menggantikan model terdahulu dengan layar 9,7 inci.

Perangkat generasi ketujuh ini memiliki kamera 8 megapiksel dan memiliki chip A10 Fusion Apple. Chipset ini dikatakan 2x lebih cepat dari PC terlaris. Perangkat ini kompatibel dengan keyboard pintar Apple, serta Apple Pencil generasi pertama.

iPad baru tersedia untuk dipesan mulai hari ini dan akan mulai dikirim pada 30 September. Perangkat tablet ini dijual mulai dari $329 dan khusus kalangan pendidikan dapat membeli iPad baru seharga $299.

BACA JUGA :  AI Amadeus Kurisu Steins; Gate Memulai Debut Perdananya

Apple TV+ dan Arcade

Selain perangkat keras baru, Apple juga mengungkapkan tanggal peluncuran dan harga untuk layanan berlangganan Apple TV+ dan Apple Arcade yang cukup dinanti. Kedua layanan ini memiliki biaya sebesar $4,99 per bulan. Harga ini cukup bersaing dibandingkan platform streaming Disney, Disney+, dan layanan cloud gaming Google, Stadia.

Layanan berlangganan video streaming Apple ini akan diluncurkan pada 1 November. Layanan ini dibanderol mulai dari $4,99 per bulan untuk akun keluarga. Layanan pesaing Netflix ini akan tersedia di 100 negara saat peluncuran, dengan acara baru ditambahkan setiap bulannya. Perusahaan itu mengatakan pengguna bisa mendapatkan gratis berlangganan selama satu tahun dengan membeli iPhone, iPad, Mac atau Apple TV baru.

Kemudian layanan permainan Apple Arcade, akan diluncurkan pada 19 September di 150 negara di seluruh dunia. Diluncurkan dengan 100 game baru, dengan biaya mulai dari $4,99 untuk keluarga. Sebagai bagian dari peluncuran, Apple meluncurkan tab Arcade baru di App Store untuk menampilkan game untuk layanan game berlangganan. Judul baru akan ditambahkan setiap bulannya, lengkap dengan rekomendasi yang dipersonalisasi, trailer game, dan panduan game. Pengguna juga dapat mendaftar untuk uji coba gratis satu bulan saat peluncurannya nanti.

Bagaimana menurut MedForians, Apakah tertarik membeli salah satu dari produk yang diluncurkan Apple diatas? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×