Menu Tutup

Serupa Tapi Tak Sama, Nokia 6.2 dan Nokia 7.2 Resmi Dirilis

Hai, MedForians!

Dua ponsel terbaru dari Nokia, yaitu Nokia 6.2 dan Nokia 7.2, resmi dirilis dalam acara IFA 2019 di Berlin.

Apakah Kembar? Bisa Jadi

Jika dilihat sekilas, desain body dari kedua ponsel tersebut sangat mirip. Dengan adanya fitur tiga kamera di bagian belakang yang ditempatkan didalam suatu wadah berbentuk bundar berwarna hitam, serta satu buah LED flash, dan sensor fingerprint di bawah modul kamera, nyaris tidak ada perbedaan sama sekali antara kedua ponsel ini.

Satu-satunya pembeda antara Nokia 6.2 dan Nokia 7.2 adalah lambang dari Zeiss yang memproduksi modul lensa kamera untuk kedua ponsel ini. Lambang Zeiss tersebut terdapat di bagian kamera Nokia 7.2.

Nokia 7.2

Nokia 7.2 memiliki tiga modul kamera belakang yang memiki teknologi lensa kamera yang dibuat oleh Zeiss. Ukuran dari kamera belakang Nokia 7.2 adalah 48 megapiksel untuk kamera utama yang memiliki teknologi Pixel Binning ( Interpolasi), kamera ultra wide angle sebesar 8 megapiksel, dan kamera depth sensor sebesar 5 Megapixel.

Untuk bagian depan, Nokia 7.2 dibekali modul kamera depan yang memiliki ukuran 20 Megapixel. Layar berukuran 6,3 Inch dengan resolusi maksimal di Full HD+, juga dibekali teknologi HDR10, yang membuat warna yang ditampilkan oleh layar menjadi semakin berwarna dari layar pada umumnya.

Nokia 7.2 dibekali chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 660. Nokia 7.2 juga dibekali RAM berukuran 4 GB dan 6 GB dengan media penyimpanan bawaan berupa eMMC yang memiliki kapasitas sebesar 64 GB hingga 128 GB. Media penyimpanan ini juga bisa ditambah dengan memasukkan memori eksternal hingga kapasitas 512 GB.

Nokia 7.2 juga dibekali baterai berukuran 3500 mAh, combo audio jack, dan port USB Type C. Smartphone ini berjalan di sistem operasi Android Pie tanpa ubahan tampilan antarmuka (Stock Android). Nokia 7.2 mendapat jaminan pembaruan sistem operasi selama 2 tahun dan pembaruan sistem keamanan selama 2 tahun dari Google.

Nokia 7.2 akan hadir di pasar ponsel pada akhir September dan dibanderol dengan harga 300 Euro atau sekitar 4,6 juta Rupiah untuk varian terendahnya. HMD Global selaku pemilik merk ponsel Nokia, belum mengumumkan bahwa ponsel ini akan dirilis di region mana saja.

Nokia 6.2

Nokia 6.2 merupakan “adik kembar” dari Nokia 7.2, karena dari segi desain, memiliki bentuk yang sama persis. Hanya saja, untuk segi spesifikasi, Nokia 6.2 lebih rendah dari Nokia 7.2.

Ponsel ini memiliki tiga modul kamera belakang yang masing masing berukuran 16 megapiksel, 8 megapiksel, dan 5 megapiksel. Modul kamera ini memiliki fitur yang serupa dari Nokia 7.2, namun tidak dengan teknologi Pixel Binning untuk kamera utamanya. Untuk kamera depan, Nokia 6.2 dibekali kamera dengan ukuran 8 Megapixel.

Ponsel ini ditenagai oleh chipset dari Quallcomm yaitu Snapdragon 636, lebih rendah dari sang kakak, Nokia 7.2. Chipset ini didukung oleh RAM sebesar 3GB dan 4GB dan memiliki penyimpanan internal sebesar 32 GB dan 64 GB.

Nokia 6.2 juga dibekali baterai berukuran 3500 mAh, combo audio jack, dan port USB Type C. Ponsel ini berjalan di sistem operasi Android Pie tanpa ubahan tampilan antarmuka (Stock Android). Sama seperti Nokia 7.2, Nokia 6.2 juga mendapat jaminan pembaruan sistem operasi selama 2 tahun dan pembaruan sistem keamanan selama 2 tahun dari Google.

Dilansir dari KompasTekno, Nokia 6.2 dibanderol dengan harga 200 Euro atau sekitar 3 juta Rupiah, dan akan hadir di pasar ponsel pada bulan Oktober mendatang. Belum diketahui juga dimana saja HMD Global akan merilis ponsel ini.

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×