Setelah 6 Tahun, Yahoo Kembali Meluncurkan Logo Baru

Kreasi Sep 24, 2019

Hai, MedForians!

Salah satu perusahaan pelopor mesin pencari yang kini dimiliki oleh Verizon ini baru saja meluncurkan logo barunya. Logo baru ini resmi digunakan Yahoo pada Senin (23/9) kemarin.

Logo baru ini akan menjadi awal baru bagi perusahaan teknologi yang telah lama redup ini. Desain branding ini dirancang oleh Pentagram. Konsultan desain asal New York ini merupakan perusahaan di balik desain branding untuk Citibank, logo Windows, bahkan desain ikonografi untuk Samsung Galaxy.

Logo Yahoo yang baru diluncurkan ini menandai upaya desain ulang (rebranding) pertama kalinya sejak perombakan besar terakhir di bawah kepemimpinan CEO Yahoo saat itu, Marissa Mayer pada 2013.

Bagaimana Desain Barunya?

Bisa dibilang, logo ini lebih trendy dan ‘ngejreng’ dari sebelumnya, seakan memberi pesan bahwa “Yahoo belum mati!”

Teks “Yahoo” awalnya terlihat ditulis dengan menggunakan huruf kapital dengan fontasi yang tipis dan kalem. Namun kini, teks tersebut ditulis dengan huruf kecil dan dengan font yang lebih kuat dan bold. Warna ungu yang digunakan juga sediikit berbeda dari sebelumnya.

Tanda seru pada logo ini juga dibuat lebih miring. Didesain dengan kemiringan sudut sebesar 22,5 derajat. Menurut Pentagram, sudut kemiringan ini menunjukkan rasa momentum dan kegembiraan.

Konsep yang diangkat dari penyegaran identitas merek ini agar logo tersebut terlihat lebih sederhana dan lebih fleksibel, dan kembali ke konsep awal logo Yahoo tahun 1996 yang unik.

Perusahaan konsultan desain tersebut juga turut mendesain pengaplikasian logo baru ini di beberapa elemen. Misalnya pada topi, kaus, pos sosial media, iklan baliho, dan lainnya.

Yahoo bukanlah perusahaan yang populer akhir-akhir ini. Perusahaan teknologi yang satu ini memang masih beroperasi hingga saat ini, namun tidak seperti masa kejayaannya dekade lalu.

Yahoo! Inc. sendiri adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu menyukai logo ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.