Surat Kabar Milik Orang Terkaya di Dunia Gulung Tikar, Ini Alasannya!

Media 16 Sep 2019

Hai, MedForians!

Surat kabar Express yang diterbitkan oleh Washington Post, media kepunyaan orang terkaya dunia saat ini, Jeff Bezos, gulung tikar. Semua karyawannya pun terkena PHK.

Dilansir dari Washington Examiner melalui detik INET, Minggu (15/9), media cetak itu telah beredar selama 16 tahun dan tersedia gratis. Koran Express biasanya dibaca oleh para pengguna sarana transportasi umum komuter di kota Washington.

Edisi cetak terakhir dijajakan Kamis lalu, dengan cover berjudul ‘Ponsel membunuh media cetak’ dan bergambar kotak surat kabar berwarna kuning yang tampak tergeletak begitu saja.

Tulisan besar ‘Hope you enjoy your stickin’ phones.’ menegaskan pernyataan bahwa surat kabar mereka kalah dalam persaingan dengan media digital yang bisa dikonsumsi orang lewat smartphone, tablet atau gadget lainnya.

Express menggunakan cover di koran terakhirnya untuk menjelaskan bahwa mereka dibunuh oleh keputusan sistem metro di Washington D.C untuk menginstall WiFi.

Alasan utama penutupan adalah tren baca berita sudah pindah ke internet serta seretnya iklan. Sirkulasinya telah anjlok menjadi 130 ribu eksemplar, dari angka 190 ribu eksemplar tahun 2007. Washington Post menyatakan makin banyaknya akses WiFi membuat Express tak dapat bertahan.

“Semakin banyak pembaca mengkonsumsi konten The Post secara digital dan kami akan terus melayani para komuter dengan produk digital,” cetus Washington Post.

Seluruh jurnalis Express yang berjumlah 20 orang terdampak PHK akibat tutupnya koran mereka. Express juga mempekerjakan 75 orang sebagai pengantar koran itu ke berbagai sudut kota Washington. Nasib mereka dikabarkan belum jelas.

Washington Post sendiri sebelumnya diketahui dibeli oleh Bezos pada tahun 2013 dengan harga USD 250 juta. Mereka masih menjadi media berpengaruh dan terus bertransisi ke jagat digital.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.