Menu Tutup

“Tobat”, Situs Manga Rock Re-Branding Jadi MR Comics

Hai, MedForians!

Setelah sebelumnya aplikasi agregator manga bajakan, Manga Rock mengungkapkan rencana untuk menghentikan layanan dan mengubah citra pada Kamis (6/9) lalu. kali ini mereka bakal “bertobat” dengan melakukan re-branding.

Re-branding dari Manga Rock ini bakal berubah sebagai platform MR Comics (mrcomics.com). Sedangkan situs web Manga Rock sekarang dialihkan ke situs web untuk layanan baru tersebut.

Aplikasi Manga Rock tidak lagi tersedia melalui App Store atau Google Play Store. Staf menyatakan bahwa mereka akan menjaga “sistem berjalan selama beberapa waktu” sehingga pengguna dapat membuat cadangan data bacaan mereka.

Alasan dibuatnya MR Comics

Pengembang berencana menjadikan MR Comics sebagai “platform komik resmi 100%”. Visinya untuk platform ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan masalah manga “terjemahan”, mengembangkan hubungan dan kontrak dengan penerbit dan pembuat, membangun alat untuk penerbit dan pembuat untuk mendistribusikan dan memonetisasi konten, dan mengonversi pembaca terjemahan gratis menjadi pembeli konten resmi.

Staf awalnya berencana untuk menghapus semua konten bajakan dari Manga Rock pada akhir tahun, dan menjaga layanan tetap dapat diakses saat mengembangkan MR Comics. Namun, mereka memutuskan untuk menghapus Manga Rock, sementara MR Comics melanjutkan pengembangan karena mereka “masih secara tidak sengaja menjadi tuan rumah dan mendukung praktik pembajakan” melalui layanan sebelumnya.

Klarifikasi dari Manga Rock

Salah satu pengembang Vietnam, Not a Basement Studio yang mengelola Manga Rock, mengatakan kepada situs web J-Cast News pada hari Minggu (8/9), bahwa mereka akan menutup layanan itu. Studio menyatakan bahwa Manga Rock dimulai sebagai proyek ketika stafnya adalah mahasiswa, dan mengumpulkan scan yang sudah dirilis.

“Pada saat itu, kami tidak memahami industri manga, dan kami tidak tahu asal dari scanlations (termasuk hal-hal tanpa lisensi resmi). Seiring berlalunya waktu, kita telah memahami kerusakan yang ditimbulkan oleh pencipta dan penerbit manga. Selain itu, seiring popularitas Manga Rock semakin meningkat, kerusakan juga meningkat.”

“Karena itu, kami sangat merenungkan peran kami dalam mempercepat popularitas scanlations, dan kami memberikan permintaan maaf yang tulus kepada para korban, pencipta manga, dan penerbit. Akibatnya, kami berencana untuk menutup situs web dan aplikasi pemindaian kami.”

” Kami juga merekomendasikan bahwa situs pemindaian yang serupa (ada banyak) juga ditutup. Kami benar-benar minta maaf karena menyebabkan masalah bagi industri manga,” ujar Not Basement Studio.

Sumber: Anime News Network

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×