Menu Tutup

USB4 dengan Kecepatan 40 Gbps akan Diluncurkan Tahun Depan!

USB4 Siap diluncurkan

Hai, MedForians!

USB Implementers Forum (USB-IF) mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan spesifikasi teknis terkait USB4. Spesifikasi ini akan dikirimkan kepada desainer, teknisi, dan pabrik dalam waktu dekat. Standar terbaru ini dipastikan siap meluncur pada tahun 2020.

Lebih Gahar dan Terintegrasi

USB4 Memiliki standar baru, yaitu kecepatan 40Gbps dual-lane, dua kali lebih kencang dari USB 3.2 dan menyamai kecepatan Thunderbolt 3.

USB4 yang akan diluncurkan ini memiliki form factor yang sama dengan USB Type-C dan kompatibel dengan USB tipe lawas seperti USB 3.2, USB 2.0, dan juga Thunderbolt 3. Hal ini serupa dengan USB 3 yang backward compatible dengan USB 2, yang berarti kalian bisa menyambungkan USB4 dengan perangkat lawas yang memiliki koneksi USB Type-C. Koneksi standar terbaru ini juga sangat mirip dengan USB3 yang sama-sama mensupport transfer data dan protokol display.

Pengembangan ini juga terwujud berkat lisensi Thunderbolt 3 yang sudah bersifat open-source, sehingga USB4 dapat mengintegrasikan teknologi ini. USB generasi ke-4 ini diperkirakan akan menjadi koneksi yang universal karena menggunakan konektor Type-C dan memiliki kecepatan tinggi.

Koneksi yang sangat cepat sangat menguntungkan bagi para professional dan power users, yang memudahkan dalam proses pengeditan video, animasi, dan 3D modelling. Hal ini juga merupakan kabar baik bagi pengguna external gpu, dimana membuat external gpu menjadi lebih cepat dan efisien.

Koneksi Thunderbolt 3 Tak Selamanya Ada

Meskipun terintegrasi dengan Thunderbolt 3, ternyata koneksi Thunderbolt 3 pada USB4 itu opsional menurut spesifikasi yang dikeluarkan oleh USB-IF.

Dikutip dari USB-IF, ” mengenai dukungan opsional untuk Thunderbolt 3, USB-IF memperkirakan vendor PC untuk secara luas mendukung kompatibilitas Thunderbolt 3 dalam koneksi USB4 mereka mengingat kompatibilitas Thunderbolt 3 sekarang termasuk dalam spesifikasi USB4 dan dapat diadopsi secara cuma-cuma.”

Bagaimana MedForians? Apakah menurut kalian USB generasi ke-4 ini dapat diadopsi dengan cepat? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×