YouTube Music Siap Geser Google Play Music di Android Anyar

Teknologi 30 Sep 2019

Hai, MedForians!

Ponsel dengan sistem operasi (OS) Android besutan Google sebelumnya telah lama menanamkan aplikasi pemutar musik bawaan bernama Google Play Music.

Namun, sepertinya Google Play Music bakal mulai digeser. Dilansir dari 9to5Google via KompasTekno, Senin (30/9), raksasa mesin pencari internet asal Mountain View ini mengumumkan bakal mengganti aplikasi tersebut dengan YouTube Music sebagai aplikasi bawaan di sejumlah ponsel dengan OS Android teranyar.

Aplikasi musik YouTube Music diprediksi hadir di Android 10. Namun, Google memberi pertanda bahwa Android 9 juga bakal menghadirkan aplikasi tersebut sebagai aplikasi bawaan.

“Pendengar musik di perangkat Android sekarang bisa streaming dan mencari lagu baru dengan hanya beberapa ketukan,” kata pihak Google di halaman aplikasi YouTube Music via halaman Play Store.

Tidak disebutkan ponsel Android apa saja yang pemutar lagunya bakal digantikan oleh YouTube Music. Namun, ponsel seri Pixel bikinan Google sudah dipastikan bakal dibekali dengan YouTube Music.

Kendati akan digantikan dengan YouTube Music, Google memastikan bahwa pengguna masih bisa memasang Google Play Music di perangkat mereka melalui Play Store.

Sayangnya, pihak Google tidak menyebutkan secara gamblang alasan mengganti Google Play Music dengan YouTube music sebagai pemutar lagu di Android.

Namun, Google agaknya ingin para pengguna ponsel Android terbaru dengan OS bikinannya mendengarkan musik melalui layanan streaming musik besutannya pula.

Akan tetapi, menurut catatan dari Ubergizmo yang telah dikutip melalui Tek.id, bahwa kemungkinan hal ini terjadi untuk meningkatkan jumlah pelanggan di YouTube Music. Pasalnya, kalau dibandingkan dengan Play Music, YouTube Music masih kekurangan beberapa fitur.

YouTube Music sendiri adalah aplikasi pemutar musik via streaming seperti Spotify. Aplikasi ini juga menyediakan layanan berbayar dengan harga berlangganan yang dibanderol 10 dollar AS (Rp 95.000) per bulan.

Serupa dengan Spotify, fitur “premium” ini juga memungkinkan pengguna YouTube Music bisa menyimpan lagu untuk didengarkan secara offline dan mendengarkan lagu secara mulus tanpa jeda iklan.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.