3 Operator China Luncurkan Jaringan 5G Terbesar

Teknologi Nov 01, 2019

Tiga operator milik negara China mengumumkan bakal meluncurkan jaringan 5G terbesar di dunia dalam waktu dekat.

Dikutip dari Reuters melalui detik INET, Kamis (31/10), jaringan 5G milik China itu diklaim sebagai yang terbesar di dunia, dikarenakan luasnya wilayah dan banyaknya jumlah penduduk. Ini adalah satu langkah kunci bagi China dalam ambisinya menjadi negara super power dalam bidang teknologi.

Ketiga operator tersebut adalah China Mobile, China Unicom dan China Telecom. Ketiganya telah menyatakan bahwa jaringan 5G mulai tersedia pada Jumat (1/11) waktu setempat. Biaya untuk menikmati koneksi super cepat itu mulai 128 yuan atau sekitar Rp 253 ribu per bulan.

Rencana 5G dipercepat

Sebelumnya, Beijing menyebut baru akan meluncurkan 5G pada awal tahun 2020. Namun, rencana itu dipercepat. Hal ini dipicu oleh perang dagang dengan Amerika Serikat yang antara lain berdampak pada raksasa telekomunikasi Huawei.

“China akan memiliki jaringan komersial 5G terbesar di dunia dan skala jaringanya serta harga layanan 5G akan berdampak pada seluruh rantai distribusi,” tulis laporan Bernstein.

Rencananya, lebih dari 50 ribu BTS 5G akan dipasang di 50 kota seluruh China sampai akhir tahun ini. Kota besar semacam Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Hangzhou sudah pasti diselimuti 5G.

Di sisi lain, vendor smartphone domestik sudah mempersiapkan beragam smartphone 5G. Xiaomi dan Huawei misalnya, telah memperkenalkan perangkat 5G meskipun banderolnya masih mahal.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.