Android 10 Baru Rilis, Google Siapkan Android 11

Teknologi Okt 14, 2019

Android 10 baru saja dirilis pada bulan September kemarin, dan masih sedikit smartphone yang menggunakan OS baru dari Google tersebut. Namun hebatnya, Google sudah memberikan bocoran informasi kehadiran Android 11, yang akan menjadi sistem operasi berikutnya.

Dilansir dari TechRadar melalui detik INET, Minggu (13/10), informasi ini muncul ketika Google tengah mengumumkan rencana untuk gelaran acara KTT Android Dev pada akhir Oktober bertajuk ‘Preparing Scoped Storage in Android 11’.

Scoped storage adalah cara mengatur file dan informasi yang dapat diakses oleh aplikasi. Tujuan pengaturan itu untuk meningkatkan keamanan serta kecepatan membaca dan dapat menulis pada aplikasi.

Scoped storage sebelumnya telah dipersiapkan untuk Android 10, tapi batal dilakukan karena banyak keluhan dari para developer aplikasi, sehingga kemudian fitur itu dialihkan ke OS Android 11.

Pengumuman nama “Android 11” merupakan salah satu kejutan besar yang diberikan Google. Pasalnya, raksasa pencarian ini biasanya menggunakan nama kode pada sistem operasi yang belum dirilisnya, seperti Android 10 yang disebut Android Q saja.

Android 10 wajib di tahun 2020?

Dikutip dari laman India Today melalui Suara.com, Untuk Android versi 10 saja, Google baru mewajibkan sejumlah smartphone menggunakan Android Q itu setelah akhir Januari tahun depan. Tak hanya itu, dalam sebuah dokumen, juga dikonfirmasi bahwa Google tidak akan menyetujui smartphone baru yang menjalankan sistem Android 9 Pie setelah 31 Januari 2020. Android 10 sendiri menghadirkan 7 fitur baru, beberapa di antaranya adalah Dark Mode, Smart Replies, dan Live Caption Video.

Sementara itu, untuk smartphone yang menjalankan versi Android 9 Pie ke bawah tidak akan mendapatkan pembaruan fitur. Google hanya akan memberikan pembaruan jika ditemukan celah keamanan yang membuat pengguna smartphone menghadapi risiko diretas atau tindak kejahatan lainnya.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.