Celah Keamanan Android Kembali Terungkap, Ponsel Ini Kena Dampaknya!

Teknologi 7 Okt 2019

Tim peneliti dari Google, Project Zero kembali mengungkap celah keamanan di platform ponsel Android. Kerentanan tersebut mempengaruhi sejumlah ponsel garapan Google sendiri, hingga ponsel lain seperti Samsung, Huawei, Oppo, dan Xiaomi.

Dilansir dari The Verge melalui detik INET (7/10), juru bicara pengembang Android mengatakan bahwa hacker hanya perlu menginstal aplikasi jahat atau mengeksploitasinya melalui web browser. Jika berhasil, mereka bisa mengambil kendali penuh atas perangkat milik pengguna.

Tim Google Threat Analysis berkeyakinan celah keamanan Android ini telah digunakan atau dijual NSO Grup. NSO Group sendiri merupakan vendor spyware yang berbasis di Israel dan baru-baru ini terkenal karena berhasil menginstal spyware di WhatsApp.

Namun, pihak NSO Grup membantah sangkalan dari Google bahwa mereka memiliki keterlibatan dengan kerentanan ini.

“NSO tidak menjual dan tidak akan pernah menjual kerentanan. Eksploitasi ini tidak ada hubungan dengan NSO; pekerjaan kami difokuskan pada pengembangan produk yang dirancang untuk membantu intelijen berlisensi dan lembaga penegak hukum menyelamatkan nyawa,” kata pihak NSO Grup.

Sejak kerentanan telah dieksploitasi, peneliti keamanan Google hanya memberi waktu tujuh hari kepada tim Android untuk memperbaikinya. Kerentanan pertama kali diungkap tim Android pada 27 September.

Para peneliti berasumsi bahwa kerentanan serupa telah muncul dan ditambal pada bulan Desember 2017. Tapi tampaknya, telah muncul kembali dengan versi terbaru.

Sementara tim Android menganggap masalah kerentanan ini sangat-sangat serius. Karenanya mereka berusaha cepat mengatasinya.

Saat ini patch telah tersedia di Android Common Kernel dan para mitra telah diberitahukan. Kemungkinan perangkat-perangkat yang terpengaruh akan mendapatkan update keamanan pada Oktober ini.

Daftar merk ponsel Android

Bicara perangkat yang terkena kerentanan di atas, berikut daftarnya:

Pixel 1
Pixel 1 XL
Pixel 2 dan Pixel 2 XL dengan Android Pie 9 ato Android 10
Huawei P20
Xiaomi Redmi 5A
Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi A1
Oppo A3
Moto Z3
Android Oreo LG phones
Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S8
Samsung Galaxy S9

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.