Menu Tutup

Google Rayakan Hari Batik Nasional Dengan Doodle Spesial

Hai, MedForians!

Tepat pada hari ini, Rabu (2/10), ada yang berbeda dari Google. Laman utama menampilkan desain doodle spesial berupa motif batik berwarna biru yang menghiasi logonya.

Tentu bukan tanpa sebab Google mengubah tampilannya. Dilansir dari detik INET dan CNN Indonesia, raksasa pencarian internet asal Amerika Serikat itu ikut memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

Desain batik di Google ini dibuat oleh seniman ternama, Lydia Nicholas. Dia belajar langsung bagaimana proses pembuatan batik, dan terciptalah doodle batik yang indah ini.

Google menjelaskan batik merupakan teknik untuk mendekorasi kain menggunakan lilin dan pigmen untuk menciptakan pola yang kompleks dan berwarna-warni. Pengrajin batik menutupi kain dengan desain lilin, menambahkan pewarna, dan akhirnya menghapus lilin untuk mengungkapkan pola di bawahnya.

BACA JUGA :  Tokopedia Umumkan Boyband BTS Sebagai Brand Ambassador

Kemudian, sang seniman mengulangi proses dengan pewarna yang berbeda dapat menciptakan desain yang rumit dan berlapis-lapis untuk menghiasi tekstil dan pakaian.

“Indonesia telah dikenal karena Batik sejak abad ke-4 atau ke-5, dan telah dikatakan bahwa teknik dan desain pewarna batik Indonesia sama banyaknya dengan pulau-pulau di sekitarnya. Desain dan warna bervariasi sesuai dengan desa dan kelompok etnis yang tersebar di berbagai pulau,” tulis laman resmi Google Doodle.

Jika pengguna masuk ke dalam laman utama Google, akan ada pesan dengan bunyi:

“Lihat lebih dekat berbagai motif batik dengan Google.”

Jika pesan tersebut diklik, pengguna akan dibawa masuk ke dalam laman Google Arts and Culture yang memberikan penjelasan mengenai batik dan motifnya yang beragam.

BACA JUGA :  Logo Calibra Diduga Plagiat, Facebook Digugat
Screen capture Google

Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×