Jadi Menteri, Ini Posisi Baru Nadiem Makarim dan Wishnutama

Media 23 Okt 2019

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Nadiem Makarim (pendiri Gojek) dan Wishnutama (pendiri NET. TV) telah diminta Presiden Joko Widodo untuk mengisi jabatan menteri di kabinetnya.

Hari ini, Rabu (22/10), pengumuman resmi siapa saja yang mengisi posisi menteri di kabinet telah terungkap. Dikutip dari Tirto.id dan CNBC, Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama menteri yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Dalam jangka pendek ini 5 tahun ke depan, fokus pada pengembangan SDM, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” kata Presiden Joko Widodo

Posisi menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan diisi Nadiem Makariem, sedangkan Wishnutama menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Di sisi lain, posisi Menteri Komunikasi dan Informatika diisi oleh Johnny G Plate, menggantikan Rudiantara.

Beliau juga memberikan beberapa pesan kepada para menteri barunya.

“Pertama, jangan korupsi, menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi; Kedua, tidak ada visi misi menteri, yang ada visi misi presiden dan wakil presiden; Ketiga, kerja keras, cepat, produktif; Keempat, jangan terjebak rutinitas yang monoton; Kelima, kerja orientasi hasil nyata. jangan sent tapi delivered; Keenam, selalu mengecek masalah di lapangan, dan temukan solusinya; Ketujuh, semua harus serius dalam bekerja, yang tidak serius, sungguh-sungguh, hati-hati, bisa saya copot di tengah jalan,” tandas Joko Widodo.

Tanggapan Warganet

Berbagai reaksi warganet muncul terkait pengangkatan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud. Salah satunya ketika mereka menanggapi masalah SPP di cashback atau adanya sistem rating ala Gojek.

Ada juga netizen yang menyebut pesan soal tak perlu sekolah tinggi untuk akhirnya jadi tukang ojek dan sekarang Mendikbudnya bos tukang ojek.

Netizen juga turut terkejut atas pengangkatan Wishnutama jadi menteri. Mereka mengucapkan selamat kepada eks bos NET. TV itu.

Bagaimana reaksi MedForians?

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.