Menu Tutup

Lembur Tidak Dibayar, Karyawan Studio 4 ℃ Menggugat Perusahaan

Kelamnya dunia anime Jepang di balik layar seolah tidak ada habisnya, terutama ketika karyawan harus bekerja lembur hingga melebih jam kerjanya, tanpa dibayar sepeser pun. Setelah Studio MadHouse, kali ini kasus serupa menimpa Studio 4 ℃.

Dikutip dari Neo Tokyo 2099, Minggu (20/10), seorang karyawan dari Studio 4 ℃ berusia 25 tahun, yang bertanggung jawab atas produksi anime telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Distrik Tokyo. Gugatan tersebut untuk meminta pembayaran 5,35 juta yen (US $ 49.282 AS) demi lembur yang tidak dibayar, dan masuk ke dalam kategori penilaian ilegal sistem tenaga kerja diskresioner.

Gugatan itu diajukan pada 10 Oktober lalu Dalam konferensi pers, pria itu mengatakan “tidak dibayarnya upah lembur dan jam kerja yang panjang bukan hanya masalah bagi satu perusahaan, tetapi juga lazim di industri animasi”.

Pria yang bekerja pada produksi anime “Kaiju no Kodomo” (Children of the Sea) itu mengatakan bahwa dia telah bekerja berjam-jam. Jika ditotal, ia mengakui bisa bekerja hingga 103 jam per bulan. Ia hanya menerima gaji pokok sekitar 150.000 Yen per bulan.

BACA JUGA :  Anime Orisinal Asal Tokai, Shikizakura Tayang 2021

Kasus yang dialami oleh karyawan tersebut kemudian ditangani oleh Serikat Buruh yang ada di Jepang sana, untuk dibantu dalam pembuatan surat gugatan.

Video konferensi pers itu juga telah ditayangkan via YouTube. Berikut cuplikannya:

“Pada saat pekerjaan selesai, saya khawatir bahwa saya akan mati. Saya khawatir rekan-rekan saya akan mati besok. Seseorang yang bekerja di industri anime menyukai anime dan film dan karena itu adalah pekerjaan yang menarik, tanpa pembayaran lembur, itu tidak baik. Jangan tertipu oleh pekerjaan yang menarik,” ungkapnya.

Penggalangan dana

Selain konferensi pers, sebuah proyek penggalangan dana juga telah dibuat melalui situs camp-fire untuk meningkatkan lingkungan kerja industri anime. Rincian gugatan juga dapat ditemukan di halaman yang sama.

BACA JUGA :  Baru Saja Ulang Tahun, Ini 5 Momen Terkeren Zoro One Piece!

Hingga artikel ini ditulis, total dana yang terkumpul mencapai 298.000 yen dari 57 donatur. Penggalangan dana akan digelar hingga akhir November mendatang dengan target 500.000 Yen.

Bantahan perusahaan

Di sisi lain, sejumlah awak media telah berhasil menghubungi pengacara dari pihak Studio 4 ℃. Namun, beliau membantah adanya gugatan tersebut.

“Saya tidak tahu karena keluhan belum tiba,” ujar sang pengacara.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×