LG Pamerkan Panel OLED Tembus Pandang

Teknologi 22 Okt 2019

Kabar mengejutkan datang dari LG. LG Indonesia baru saja memboyong panel OLED transparannya ke Tanah Air pada Senin (21/10) kemarin.

Dikutip dari detik INET, Selasa (22/10), panelnya benar-benar transparan dan tembus pandang, bahkan bagian belakang terlihat. Terasa begitu futuristik seperti di film garapan Hollywood.

“Mungkin ketika kamu melihatnya seperti prototipe, kami sudah jual di Indonesia. Salah satu toko jam mewah sudah menggunakan produk kami ini,” ujar Agustian Yusetia, B2B Business Head LG Electronis Indonesia ketika menemui awak media di acara pameran sekaligus peluncuran yang berlangsung di Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta.

Beliau menjelaskan bahwa ini bukan panel tembus pandang pertama yang dibuat pihaknya. Dahulu, pihak LG pernah dibuat namun panel serupa, tapi dibuat dari LCD yang dilengkapi kotak dan backlight. Adapun yang dipamerkan menggunakan panel OLED.

“Layar OLED itu kan menghasilkan sinar, jadi tidak perlu backlight, karena bodinya tipis-tipis. Jadi kami bisa membuat panel transparan tanpa backlight lagi,” kata Agustian.

Dengan panel transparan, pengguna dapat menggabungkan produk dengan informasi digital. Produk tersebut biasanya ditempatkan di belakang layar.

“Zaman sekarang orang lebih demen melihat. Misalnya satu artefak, ditempatkan di belakang layar. Lewat layar bisa diceritakan sejarahnya, misalnya topeng ini dari kerajaan si A, yang pakai si B, ditemukan di mana. Dari pada kita melihat informasi yang kecil-kecil, boring banget kan,” kata Agustian.

Bicara ukuran, layar panel transparan ini punya bentangan 55 inch. Resolusi sendiri 4K UHD. Panel transparan ini tidak berdiri sendiri. Ada kotak yang berukuran sedikit panjang yang menjadi mesinnya.

Dibanderol 300 Juta Rupiah

Kendati menawarkan sensasi futuristik, LG OLED Transparant ini bukan menyasar kalangan konsumer atau perseorangan, tapi lebih ke business to business (B2B). Tapi, bila pun ada konsumen yang menginginkan LG dapat menjualnya.

“Kalau mau beli ya silahkan saja. Tapi kami tidak mempertunjukkan panel ini untuk konsumer,” terang Agustian.

“Kalau tertarik panel transparan ini dijual Rp 300 jutaan,” pungkasnya.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.