Logo Calibra Diduga Plagiat, Facebook Digugat

Kreasi Okt 14, 2019

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Facebook berencana meluncurkan mata uang digitalnya, Libra. Selain Libra, sebuah dompet digital bernama Calibra sebagai dompet juga ikut disertakan, yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pada siapapun dengan smartphone.

Namun sayangnya, Calibra tersandung masalah hukum. Hal ini dikarenakan logo Calibra yang dibuatkan oleh Facebook diduga plagiat dari sebuah logo Bank Online (atau dikenal juga dengan Fintech) bernama Current.

Dikutip dari The Verge, Senin (14/10), Current pun melayangkan gugatannya ke Facebook dengan tuduhan pelanggaran merek dagang. Gugatan tersebut menyasar 4 pihak, yang terdiri dari Facebook, Calibra, anak perusahaan Facebook yang memiliki IP terkait dengan Calibra, dan Character, perusahaan yang membuat logo Calibra.

Sebelumnya, CEO Current, Stuart Sopp pada Juni lalu mengklaim bahwa logonya tersebut sudah mulai digunakan pada Agustus 2016, sedangkan Calibra milik Facebook baru meluncur pada bulan Juni 2019. Stuart Sopp berujar bahwa perusahaannya menggunakan jasa perusahaan Character, perusahaan yang sama dengan perusahaan pembuat logo Calibra.

Pihak Current kemudian membuat kritikan pedas dengan sebuah cuitan di Twitter terkait permasalahan logo tersebut.

“Ini adalah cara yang lucu untuk mencoba dan menciptakan kepercayaan dalam sistem keuangan global baru – dengan merobek perusahaan fintech lain,” kata Sopp dalam sebuah wawancara sebagaimana dikutip sebelumnya dari CNBC.

“Facebook memiliki semua uang dan sumber daya di dunia. Jika mereka benar-benar ingin menjadikan perbankan lebih inklusif dan adil, mereka harusnya memiliki ide dan merek sendiri, seperti yang kita miliki, ” lanjut Sopp.

Masih belum jelas bagaimana hal itu terjadi, namun pernyataan Sopp sedikit berbeda dengan temuan dari Coindesk yang dikutip via Endgadget. Dalam laporan Coin Desk, Current baru mengajukan aplikasi untuk logonya pada 26 Juni, beberapa hari setelah Calibra diresmikan.

Opini pakar hukum

Howard Shire, seorang pakar Intellectual Property di Pepper Hammilton LLP mengaku terkejut mendengar kasus hukum ini

“Sangat mencurigakan bahwa logo keluar dari perusahaan yang sama yang menciptakan logo penggugat,” ujar Howard Shire.

Dia mengatakan harus menunggu detail lebih lanjut kasus ini untuk mengetahui mengapa kedua logo tersebut bisa sangat mirip.

“Saya kira selalu ada peluang bahwa tim yang berbeda di Character membuat logo yang sama tiga tahun terpisah atau bahwa Facebook dan Calibra tidak tahu bahwa logonya sama dengan Current. Tapi kesamaannya memang terlihat mencurigakan,” tambahnya.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.