Menu Tutup

Yang Baru dari Microsoft: Dari Surface Pro X Hingga Surface Neo

Perangkat Microsoft Surface yang Baru Dikenalkan

Hai, MedForians!

Microsoft baru saja menggelar acara Surface Event pada 2 Oktober kemarin di New York. Pada acara tahunan ini, perusahaan teknologi asal Redmond itu menampilkan berbagai perangkat baru di lini produk Surface.

Apa saja yang baru dari Microsoft? Mari simak rangkuman acaranya berikut ini!

Surface Pro 7

Surface Pro menjadi perangkat 2-in-1 paling laris yang pernah dibuat oleh Microsoft. Dan kini, generasi baru lini Surface Pro resmi hadir.

Didesain ulang secara keseluruhan, Surface Pro 7 kini juga memiliki desain dan warna yang lebih segar namun tetap ikonik. Salah satunya dengan varian warna Merah yang baru, dan Surface Pro Signature Type Cover untuk Keyboardnya.

Surface Pro 7 menjanjikan performa grafis dua kali lebih cepat, dan performa 40% lebih hebat dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-10. Perangkat ini dilengkapi dengan konektor USB-A, dan konektor USB-C, dengan masa pakai baterai sepanjang hari.

Perangkat ini dapat dipre-order mulai dari $749 dan tersedia akhir tahun ini.

Surface Pro X

Microsoft juga mengumumkan lini spesial untuk seri Pro, yakni Surface Pro X. Dengan ketipisan hanya 5,33 mm dan berat hanya 1,68 pon, Surface Pro X menjadi perangkat paling tipis, ringan, dan paling bertenaga yang pernah Microsoft buat.

Perangkat ini memiliki prosesor berbasis ARM khusus bernama Microsoft SQ1, yang dirancang bersama Qualcomm. Prosesor ini memiliki kekuatan pemrosesan grafis 2 teraflop, dan merupakan prosesor ARM Qualcomm tercepat yang pernah dibuat untuk PC.

Dengan bezel yang 33% lebih tipis, perangkat ini menawarkan sensasi layar 13″ dengan ukuran setara dengan perangkat 12″ pada umumnya. Keyboard Surface Pro X juga memiliki docking untuk menyimpan dan mengisi daya Surface Slim Pen baru.

Surface Pro X dapat dipre-order mulai dari $999.

Surface Laptop 3

Surface Laptop 3 menyeimbangkan kekuatan dan keanggunan, menjadikannya laptop sehari-hari yang sempurna, begitu kata Microsoft.

Generasi penerus Surface Laptop ini tersedia dalam dua ukuran, dengan jeroan yang berbeda. Surface Laptop 3 digadang-gadang dua kali lebih cepat dengan desain ramping yang sama seperti Surface Laptop 2 dan masa pakai baterai hingga seharian penuh.

Diperbarui dengan prosesor generasi ke-10 Intel® Core™, Surface Laptop 3 ukuran 13,5″ datang dalam warna baru, yakni Sandstone dan Cobalt, lengkap dengan pilihan cover Alcantara atau aluminium.

BACA JUGA :  Huawei Rilis Berbagai Model Smartphone P40

Microsoft juga memperkenalkan Surface Laptop 3 ukuran 15″, versi layar yang lebih besar dengan kinerja grafis terintegrasi dan prosesor AMD Ryzen baru. Uniknya, prosesor Ryzen ini adalah versi khusus untuk Surface. Microsoft berani menjamin Surface Laptop 3 adalah laptop 15″ tercepat di kelasnya.

Surface Laptop 3 menawarkan pengalaman mengetik yang lebih nyaman dengan jarak antar tombol sejauh 1,33 mm, dengan trackpad kaca berukuran 20% lebih besar, dan disertai USB-A dan USB-C dengan pengisian cepat. Bahkan mereka mengklaim pengisian daya hingga 80% hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Laptop ini juga menjanjikan kamera depan yang lebih baik, speaker OmniSonic dan mikrofon kelas studio dengan kemampuan jarak jauh memberikan suara jernih dan audio.

Surface Laptop 3 ukuran 13″ dipre-order dengan harga mulai $999 dan ukuran 15″ dengan harga mulai $1199.

Surface Earbuds

Microsoft juga meluncurkan ‘pesaing AirPods’ dengan nama Surface Earbuds. Earbuds ini menawarkan permukaan sentuh intuitif dan kontrol suara untuk musik, panggilan, dan banyak lagi. Dengan audio Omnisonic yang berkualitas tinggi, earbud ini dapat langsung memutar Spotify dari ponsel Android dengan tiga kali tap di permukaan earbud ini.

Uniknya, earbud ini memiliki fitur integrasi dengan Office 365 yang memungkinkan pengguna mengakses kalender Outlook dan email dengan suara. Tak hanya itu, Surface Earbuds juga memiliki fitur live audio caption dan terjemahan dalam PowerPoint. Saat ini fitur tersebut hanya tersedia di AS saja.

Dengan masa pakai baterai sepanjang hari, lengkap dengan casing pengisi daya nirkabel yang disertakan, Sueface Earbuds dapat dipre-order dengan harga $249.

Surface Neo dan Windows 10X

Inilah yang dinanti-nanti penggemar Microsoft dan dunia teknologi pada umumnya. Setelah bertahun-tahun rumor dan bocoran paten beredar di internet, akhirnya Microsoft resmi mengumumkan perangkat yang digadang akan menjadi kategori baru gawai saat ini.

Microsoft Surface Neo adalah perangkat Dual-Screen baru yang dibangun untuk produktivitas. Perangkat ini menjalankan Windows 10X, versi Windows yang dibuat khusus untuk perangkat dual-screen

Meskipun dapat dibilang ini adalah perangkat foldable, layar Surface Neo tidak fleksibel seperti Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X. Dengan engsel yang dapat membuka-tutup hingga 360 derajat, menghubungkan dua layar 9″ yang terpisah, Ini memungkinkan Surface Neo beradaptasi dengan postur apa pun, mulai dari mode Tablet, Tent, Book, hingga Laptop.

BACA JUGA :  Xiaomi Indonesia Umumkan Tanggal Peluncuran Redmi 8A Pro

Ketika dibuka sepenuhnya, Surface Neo memiliki layar berukuran 13 inci dalam layar LCD yang diklaim tertipis di kelasnya. Surface Neo akan tetap bisa menjalankan berbagai program layaknya PC sepenuhnya dalam body yang ramping dan ergoonomis.

Surface Neo dapat dilengkapi dengan keyboard removable yang beradaptasi langsung dengan sistem Windows 10X, dan kompatibel dengan Surface Pen dan Bluetooth® mouse.

Surface Duo

Siapa sangka jika Microsoft memutuskan untuk kembali ke persaingan pasar ponsel dengan meluncurkan Surface Duo. Perangkat ini adalah ponsel lipat yang menjalankan Android (ya, Android!). Mungkin inilah mengapa perangkat ini memiliki kode nama “Andromeda”.

Duo adalah perangkat Microsoft Surface pertama yang dapat dimasukkan ke dalam saku. Surface Duo menyatukan yang terbaik dari pengalaman produktivitas Microsoft, aplikasi Android, dan desain perangkat keras Surface ke dalam satu perangkat yang dapat digunakan di mana saja.

Dan, ya, seperti ponsel lainnya, Duo dapat melakukan panggilan telepon. Ponsel ini memiliki dua layar setipis 5,6″ yang jika dibuka akan berukuran 8,3″. Seperti “versi mini” Surface Neo, Duo dapat digunakan dalam berbagai mode.

Baik Surface Neo dan Duo akan tersedia di akhir tahun 2020 mendatang.

Bagaimana Menurutmu?

Microsoft sedang benar-benar all-out dalam meluncurkan perangkat Surface mereka. Ya, meskipun kita di Indonesia belum dapat membeli berbagai perangkat diatas secara resmi, namun tentu sangat menarik melihat perangkat baru Microsoft tersebut.

Bagaimana denganmu, MedForians? Bagaimana reaksi dan tanggapanmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Kembali ke Atas

BACA JUGA...

×