Militer AS Masih Pakai Disket dan Komputer Lawas, Ini Alasannya!

Teknologi Okt 22, 2019

Sebuah fakta menarik dari militer AS telah terungkap. Mereka berujar bahwa sarana penyimpan “floppy disk” atau biasa disebut disket, ternyata masih digunakan pada sejumlah operasi penting di Lembaga Pertahanan Amerika Serikat.

Dikutip dari C4isrnet via Kompas Tekno, Senin (21/10), disket berukuran 8 inci ini berjalan di komputer IBM Series/1 yang dibuat tahun 1970-an dan didukung dengan software “percakapan internal” khusus bernama Strategic Automated Command and Control System (SACCS).

Pemerintah AS mengatakan alasan mengapa disket masih digunakan sampai saat ini, meski zaman sudah modern. Hal itu dipaparkan oleh seorang perwakilan tentara Angkatan Udara AS bernama Letkol Jason Rossi pada sebuah wawancara pekan lalu.

Ia membeberkan bahwa faktor keamananlah yang membuat garda terdepan pemerintah ini masih mengandalkan disket.

“Anda tidak bisa meretas sesuatu yang tidak memiliki alamat IP (disket),” kata Rossi.

“Perangkat tersebut punya sistem yang unik, umurnya tua namun tetap sangat baik (sistemnya),” imbuhnya.

Adapun alasan ini terungkap bertepatan dengan langkah lembaga pertahanan AS yang disebut tidak lagi menggunakan disket dan beralih ke “solid state digital storage” sejak Juni lalu.

Tak kalah dengan disket, media penyimpanan model ini diklaim memiliki sistem keamanan yang paten.

Sebelumnya, pada 2016 silam, perwakilan Lembaga Pertahanan AS sempat mengatakan bahwa seluruh sistem “jadul”, termasuk disket tadi, akan diganti dengan peralatan yang lebih modern.

Rencana perombakan sistem lama dengan peralatan baru ini awalnya diprediksi akan rampung sekitar akhir 2017. Kendati sudah lewat target, tidak dijelaskan apakah rencana tersebut sudah rampung atau belum.

Tag

Daniel Dwi Adrian

You never change things by fighting the existing reality. To change something, build a new model that makes the existing model obsolete

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.