Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Teknologi Okt 16, 2019

Setelah begitu banyak bocoran yang beredar, Google akhirnya merilis kedua ponsel barunya, Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Diumumkan saat acara Made By Google 2019, Selasa (15/10), keduanya ditenagai prosesor Snapdragon 855 dengan RAM 6 GB. Untuk keamanan perangkat, Google membekali Titan M Security Module di dalamnya.

Mengusung Gaya Industri Baru

Pixel 4 dan Pixel 4 XL hadir dengan desain baru dengan elemen kamera berbentuk persegi dan elemen alumunium pada bagian sisinya. Kabar baiknya, Google menghilangkan notch di Pixel 4 XL dan menggantinya dengan bezel yang cukup tebal di bagian atas yang menaungi kamera depan dan sensor pemindai wajah yang akan kami bahas selanjutnya.

Dimensinya hanya sekitar satu milimeter lebih besar daripada Pixel sebelumnya, dan beratnya sedikit lebih berat daripada Pixel sebelumnya. Ini memberikan kesan lebih kuat pada Pixel 4 dan 4 XL, disamping ia memiliki sertifikasi IP68 alias bisa tahan terhadap debu dan air dan Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang Pixel 4.

Datang Dengan Fitur Baru Di Kameranya

Ada dua kamera yang terpasang di Pixel 4 maupun Pixel 4 XL. Kamera utamanya 12 MP dengan teknologi dual pixel. Sementara kamera kedua berukuran 16 MP dan berfungsi sebagai telephoto yang punya kemampuan zoom digital 8.

Untuk desain dan susunan kameranya membuat kita teringat dengan ponsel iPhone 11 yang telah rilis beberapa waktu lalu, sehingga beberapa orang sulit untuk membedakan dua seri ponsel dari pabrikan berbeda ini.

Selain meningkatkan kemampuan Night Sight, Google menghadirkan mode astrophotography pada Pixel 4. Mode tersebut digunakan untuk memotret bintang di malam hari. Serta saat mengambil gambar dengan mode HDR plus, Pixel 4 dapat menampilkan pratinjau langsung tentang seperti apa foto yang ingin dipotret sebelum anda memotretnya.

Di mode potrait, Google mengimprovisasi kemampuan mode tersebut dengan memanfaatkan kedua kamera belakang yang ada di Pixel 4. Google mengklaim bahwa hal ini dapat meningkatkan hasil bokeh yang dihasilkan di Pixel 4.

Google menyematkan chip Pixel Neural Core yang menggantikan chip pemroses gambar Pixel Visual Core yang ada di Pixel 3.

Sayang, ada yang kurang dari kamera yang ditawarkan kedua ponsel ini. Ya, lensa ultrawide. Fitur yang amat dinantikan ini absen dari seri terbaru Google Pixel ini. Meskipun begitu, pihak Google menyatakan jika fitur telephoto dapat menjadi obat dari absennya wide angle dari kedua ponsel ini.

Sensor Motion Sense dan Face Unlock

Seperti yang kami bahas sebelumnya, di bagian depan tidak ada lagi notch, namun masih ada bezel yang cukup tebal. Di sana tempat bersemayamnya kamera depan berukuran 8 MP, ToF 3D, sensor motion sense dan face unlock.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membuka kunci menggunakan wajah layaknya menggunakan fitur Face ID di produk iPhone X, Xr, Xs ataupun iPhone 11. Fitur tersebut memanfaatkan sensor, inframerah dan radar kecil agar hasil pemindaian dapat lebih maksimal.

Hal itu menjadikan keduanya sebagai ponsel Android pertama yang mempunyai fitur face unlock yang cukup aman untuk digunakan saat melakukan pembayaran dengan Google Play dan juga aplikasi kata sandi. Hal itu cukuplah baik, mengingat ketiadaan sensor pemindai sidik jari di kedua ponsel ini.

“Smooth Display” Dengan Refresh Rate 90 Hz

Kedua ponsel ini menggunakan panel OLED Ambient EQ 90 Hz. Dengan refresh rate yang cukup tinggi membuat scrolling layar lebih halus dan nyaman. Display Mate pun memberikan nilai A+ untuk layar Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Layar Pixel 4 sendiri hadir dengan ukuran 5,7 inch dengan resolusi Full HD+. Sementara Pixel 4 XL lebih luas, 6,3 inch dengan resolusi Quad HD+.

Dengan ukuran yang lebih besar, membuat kapasitas baterai Pixel 4 XL mencapai 3.700 mAh. Sedangkan Pixel 4 hanya 2.800 mAh.

Pilihan warna dan Harga

Kedua ponsel ini dibekali speaker stereo dan USB type C. Baik Pixel 4 dan Pixel 4 XL hadir dalam pilihan warna Black, Clearly White, dan Oh So Orange

Dengan kemampuan tersebut, Google membanderol ponselnya dengan harga mulai USD 799 atau sekitar Rp 11 jutaan. Pixel 4 dan Pixel 4 XL sudah bisa dipesan hari ini dan mulai dijual pada 24 Oktober mendatang.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.