Bocoran Samsung Galaxy S11, Terinspirasi Teleskop Hubble

Teknologi Nov 11, 2019

Belum hilang ingatan kita soal meluncurnya Samsung Galaxy S10 Februari lalu, kini raksasa elektronik asal Korea Selatan ini kembali membuat heboh. Pasalnya, satu lagi produk dari lini Galaxy S dikabarkan bocor!

Ya, Samsung Galaxy S11. Bocoran dari penerus Galaxy S10 ini semakin banyak beredar. Rumor mengatakan bahwa ponsel ini akan dibekali kamera periskop dengan kemampuan 5x optical zoom. Sebuah bocoran yang dilansir dari Let’s Go Digital sebagaimana dikutip dari Kompas Tekno menyatakan bahwa paten untuk kamera ini telah terdaftar pada 6 November lalu melalui EUIPO, kantor kekayaan intelektual Uni Eropa. Paten tersebut memiliki keterangan “software untuk memperbesar subyek tanpa mengurangi kualitas gambar” alias kemampuan lossless zoom. Paten bernama “Space Zoom” ini memiliki kode “Hubble”, yang merupakan nama sebuah teleskop antariksa yang dikenal telah membantu identifikasi berbagai benda angkasa. Diyakini, kamera ini juga dapat mendukung fotografi antariksa.

Terinspirasi Hubble

Terinspirasi oleh Hubble, tampaknya Samsung juga ingin melesat lebih jauh ketimbang kompetitornya dengan menanam kamera sekelas teleskop bintang ini. Sebelumnya ada Huawei P30 Pro yang memiliki kemampuan 50x zoom sehingga dapat melihat obyek dengan sangat detil, bahkan dapat menangkap gambar bulan. Begitu juga dengan Pixel 4 yang tak lama rilis beberapa waktu lalu.

Bocoran paten kamera yang akan tertanam di Samsung Galaxy S11.
Bocoran paten kamera yang akan tertanam di Samsung Galaxy S11.

Selain kemampuan kamera yang sangat epik, Galaxy S11 juga dikabarkan akan memasukkan fitur-fitur yang telah tertanam di Galaxy Note 10. Kabarnya, salah satu pemasok akan membangun pabrik khusus untuk memproduksi sensor ToF atau Time of Flight.

Sensor ini sudah ada sebelumnya di Galaxy Note 10 Plus. Kemungkinan, kemampuan ToF akan ditingkatkan dan akan menyebar ke smartphone menengah Samsung. Belum banyak spesifikasi maupun keterangan lebih lanjut tentang teknologi Space Zoom yang disebut akan disematkan ke Galaxy S11. Rumor ini baru akan terkuak saat peluncuran ponsel ini yang diduga akan rilis Februari tahun depan, beberapa hari jelang MWC seperti pendahulunya, Galaxy S10.

Bagaimana pendapat MedForians mengenai teknologi canggih yang akan ditanam di Samsung Galaxy S11 ini? Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.