Menu Tutup

Calon Sarjana Ketahuan Plagiat Konten Youtuber JT

Kabar mengejutkan datang dari kanal YouTube Calon Sarjana. Kanal YouTube dari dalam negeri dengan 12 juta subscriber itu ternyata diketahui memplagiat sekaligus mencuri konten dari YouTuber internasional ternama, JT.

Hal ini diungkapkan langsung oleh JT melalui sebuah video berdurasi hampir lima menit yang baru saja ia unggah kemarin, Rabu (6/11).

Dalam video berjudul “YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video… (#1 Indonesian YouTuber)” itu, YouTuber dengan 447.000 subscribers itu kesal karena banyak kontennya dicuri. Beberapa konten yang diketahui plagiat itu mulai dari thumbnail, video, dan bahkan screenshot dari JT. Padahal, JT sudah melakukan banyak riset untuk bisa membuat konten orisinalnya.

Screen shot video terkait Calon Sarjana plagiat (sumber: kanal YouTube JT)

Tak hanya itu, Calon Sarjana ketahuan menyalin dan mencuri rekaman video Parlophone (atau berjudul lengkap this is the new #1 YouTube Channel… (Parlophone Records)) dari JT dan menggunakan nama-nama seperti Pewdiepie dan T-Series dalam judul, ketika itu tidak diperlukan sama sekali.

BACA JUGA :  Serie-A Dipastikan Comeback Tayang di RCTI

Dalam komentar video yang telah dipin itu, JT mengungkapkan “12 million people that have no idea they’re subbed to a liar”.

Hingga artikel ini ditulis, Kamis (7/11), video dari JT itu sudah dilihat lebih dari 90.000 kali, dan disukai 18.000 pengguna. Lebih dari 2500 komentar pengguna mayoritas mendukung JT.

Belum ada tanggapan dari kanal YouTube Calon Sarjana sama sekali perihal kasus plagiat ini.

Update Jumat (8/11): Calon Sarjana melalui cuitan di Twitter yang diunggah Kamis (7/11) malam kemarin, meminta maaf sebesar-besarnya kepada YouTuber JT.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×