China Berlakukan Jam Malam Bagi Gamer di Bawah Umur

Gaming 7 Nov 2019

Pemerintah China mengumumkan bahwa pihaknya telah memberlakukan jam malam pada game online untuk anak di bawah umur.

Dikutip dari BBC, Kamis (7/11), Gamer di bawah 18 tahun akan dilarang bermain online antara pukul 22:00 dan 08:00. Mereka juga akan dibatasi hingga 90 menit bermain game pada hari kerja dan tiga jam pada akhir pekan dan hari libur.

Itu bagian dari langkah terbaru China untuk mengekang kecanduan video game, yang menurut para pejabat merusak kesehatan anak-anak.

China sendiri diketahui merupakan salah satu pasar game terbesar di dunia.

Pedoman resmi pemerintah yang dirilis pada hari Selasa (5/11) lalu sudah termasuk batas pengeluaran untuk anak di bawah umur.

Gamer berusia delapan hingga 16 tahun dapat menghabiskan hingga 200 yuan (£ 22, atau sekitar $ USD 29) per bulan, sementara mereka yang berusia antara 16 dan 18 tahun dapat menghabiskan hingga 400 yuan pada akun game mereka.

China adalah pasar game terbesar kedua di dunia, dengan pendapatan global AS melampaui China untuk pertama kalinya tahun ini karena meningkatnya peraturan Cina di industri ini, menurut perusahaan riset Newzoo.

Latar belakang

China telah berulang kali mengkritik video game karena berdampak negatif terhadap kaum muda.

Pada tahun 2018, pemerintah mengumumkan pembentukan regulator permainan – sebagai tanggapan atas kekhawatiran tentang rabun dekat pada anak-anak – untuk membatasi jumlah permainan online baru, membatasi waktu pembayaran dan mengembangkan sistem pembatasan usia.

Pada tahun yang sama, China memberlakukan penghentian persetujuan untuk video game baru, yang berlangsung sembilan bulan, memberikan pukulan signifikan pada industri game yang sedang meraih untung.

Beberapa perusahaan video game terbesar merespons secara proaktif, tetapi penegakan dan verifikasi usia yang dapat diandalkan telah menjadi perhatian utama.

Tencent, perusahaan game terbesar di dunia, mengatasi kritik dengan membatasi waktu permainan hingga satu jam per hari untuk pengguna di bawah 12 tahun dan dua jam per hari untuk pengguna antara 12 hingga 18 tahun. Mereka juga mulai mengharuskan pengguna untuk membuktikan usia dan identitas mereka terhadap kondisi yang tersedia catatan.

Tetapi, pedoman baru akan berlaku secara universal untuk semua platform game online yang beroperasi di China dan akan mengatasi masalah penegakan hukum secara langsung.

Administrasi akan bekerja dengan penegak hukum untuk membangun sistem identifikasi terpadu yang dapat digunakan platform game untuk memverifikasi identitas dan usia pengguna dengan data pemerintah, seorang juru bicara mengatakan kepada kantor berita Xinhua.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.