Gedung Studio 1 Kyoto Animation Mulai Dibongkar Januari 2020

Pop Kultur 24 Nov 2019

Pada Minggu (24/11) pagi, laporan dari NHK yang dikutip dari Crunchyroll menyebutkan bahwa Studio 1 Kyoto Animation yang menjadi lokasi tragedi pembakaran Juli lalu akan bersiap-siap memulai proses pembongkaran pada Senin (25/11).

Rencana pembongkaran meliputi pembersihan lokasi serta barang-barang yang masih tersisa di dalam gedung tersebut dan pemasangan scaffolding pada 25 November hingga akhir tahun.

Setelah itu, pada Januari 2020 gedung Studio 1 Kyoto Animation mulai dibongkar dan ditargetkan rampung April 2020.

CEO Kyoto Animation, Hideaki Hatta dan seorang pengacara yang mewakili studio tersebut mengadakan briefing untuk warga Kota Fushimi untuk membahas pembongkaran yang akan datang dan pembangunan masa depan untuk situs tersebut.

Kyoto Animation belum memberikan informasi apa-apa terkait penggunaan lahan pasca dibongkarnya Studio 1 mereka.

Hideaki Hatta mengatakan bahwa rencana pembongkaran tersebut dilakukan karena ia rasa sangat menyakitkan baginya untuk melihat studio kesayangannya dalam keadaan seperti itu, juga faktor keamanan membuat gedung tersebut harus dibongkar.

Sebelumnya dalam sebuah interview pada Juli lalu, Hideaki Hatta membahas perihal permasalahan Studio 1.

“Ketika saya mempertimbangkan staf dan orang-orang di lingkungan ini, ada orang yang tidak ingin melihat pemandangan yang mengerikan,” ungkap beliau.

Sisa-sisa hangus dari studio saat ini masih berdiri di pinggiran Kota Kyoto, dan dapat terlihat jelas oleh penduduk sekitar dan orang yang lewat dengan kereta.

Tag

Muhammad Ferdyan Syahputra

Seorang anak Madrasah Aliyah yang nontonnya motorsport dan anime slice of life.