Menu Tutup

Google Sambut HUT Ani Idrus Dengan Doodle Spesial

Ada yang tak biasa dengan tampilan laman Google pada hari ini, Senin (26/11). Google menampilkan Doodle spesial bergambar karikatur seorang wanita berkacamata yang tampak mengenakan penutup kepala berhiaskan bunga, dengan latar belakang banyak aneka halaman koran.

Jika pengguna mengklik gambar karikatur tersebut, akan muncul pencarian sosok bernama Ani Idrus. Dilansir dari Antara News, karikatur itu telah dilengkapi dengan keterangan “Ulang tahun Ani Idrus ke-101” saat kursor berada di atasnya.

Penelusuran Google terkait Ani Idrus

Siapa sosok Ani Idrus?

Ani Idrus adalah seorang wartawati senior sekaligus pendiri Harian Waspada bersama suaminya, H. Mohamad Said, pada 1947.

Salah satu tokoh besar bidang pers itu berasal dari Sawahlunto, Sumatera Barat. Dia lahir pada 25 November 1918 dan wafat di kota Medan, Sumatera Utara, pada 9 Januari 1999.

BACA JUGA :  Terjerat Narkoba, YouTuber Ericko Lim Divonis Penjara 1 Tahun dan Rehabilitasi

Ani Idrus memulai profesinya sebagai seorang wartawan pada 1930, dan mulai menulis untuk majalah “Panji Pustaka” Jakarta.

Kemudian pada 1936, dia bekerja pada Sinar Deli Medan sebagai kontributor untuk majalah “Politik Penyedar”.

Dua tahun kemudian, dia menerbitkan majalah politik “Seruan Kita” bersama H. Moh. Said. Bersama sang suami pada 1947, dia menerbitkan “Harian Waspada”.

Ani juga merambah segmen pembaca wanita, pada 1949, dengan menerbitkan majalah “Dunia Wanita”.

Kontribusi Ani Idrus dalam bidang jurnalistik mengantarkannya pada beragam penghargaan dari pemerintah.

Di tahun 1990, dia mendapatkan penghargaan dari Menteri Penerangan R.I. sebagai wartawan di atas 70 tahun yang masih aktif berkontribusi di media massa.

BACA JUGA :  Gantikan Larry Page dan Sergey Brin, Sundar Pichai Kini Jabat CEO Alphabet

Lalu, dia juga sempat mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1959, berikut piagam Pembina Penataran Tingkat Nasional dari BP7 Jakarta pada 1979.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×