Google Siap Akuisisi Saham Aplikasi Kesehatan Fitbit

Teknologi Nov 02, 2019

Setelah sempat rumor beredar terkait Google yang mengakuisisi Fitbit, tepat pada Jumat (1/11) pagi, Google mengumumkan di blog resminya bahwa mereka akan mengakuisisi perusahaan kebugaran yang berbasis di AS, Fitbit.

“Perjanjian ini menggaris bawahi keyakinan kami tentang betapa pentingnya teknologi yang dapat dipakai menjadi, dan ini juga merupakan peluang yang menarik untuk Wear OS,” jelas Wakil Presiden Senior Perangkat dan Layanan Google sebagaimana dikutip dari Android Authority.

“Kami menantikan untuk berkolaborasi dengan Fitbit untuk membawa yang terbaik dari platform jam tangan pintar dan aplikasi kesehatan kami, dan memungkinkan mitra kami untuk membangun generasi produk yang dapat dikenakan”.

Raksasa mesin pencarian itu mengakuisisi Fitbit untuk $ 7,35 per saham dalam bentuk tunai, menilai Fitbit pada nilai sekitar $ 2,1 miliar. Transaksi ini diharapkan akan ditutup pada tahun 2020.

Akuisisi ini tidak dapat terjadi pada waktu yang lebih baik bagi kedua perusahaan. Karena kurangnya pembaruan dan dukungan dari Google, platform Wear OS perusahaan belum sesuai dengan para pemimpin yang dapat dikenakan seperti Apple dan Samsung.

Fitbit juga memiliki bagian yang adil dari gundukan cepat selama bertahun-tahun, dan dilaporkan mengeksplorasi penjualan kembali pada bulan September setelah memangkas perkiraan pendapatan 2019 pada bulan Juli.

Berita tentang akuisisi Google-Fitbit mengikuti laporan perjanjian sebelumnya dari awal minggu ini.

Dalam posting blog, Osterloh mengatakan perusahaan melihat peluang untuk berinvestasi di Wear OS dan memperkenalkan lebih banyak perangkat dapat dipakai buatan Google dengan akuisisi Fitbit ini.

“… kami akan transparan tentang data yang kami kumpulkan dan mengapa,” kata Osterloh.

“Kami tidak akan pernah menjual informasi pribadi kepada siapa pun. Data kesehatan dan kebugaran Fitbit tidak akan digunakan untuk iklan Google. Dan kami akan memberikan pengguna Fitbit pilihan untuk meninjau, memindahkan, atau menghapus data mereka. ”

Google telah lama memuji Fitbit karena perangkat kebugaran yang terjangkau dan mudah didekati, serta upayanya dalam menjadikan kebugaran dan kesehatan pengalaman sosial bagi pengguna. Khususnya, Google telah kurang berhasil dalam bidang kebugaran dan sosial, membuat akuisisi ini agak tidak masuk akal.

Google membutuhkan semua bantuan yang dapat ia peroleh untuk bersaing dengan pemain-pemain besar seperti Samsung dan Apple, dan sedang dalam perjalanan dengan akuisisi Fitbit ini.

Pernyataan Fitbit

Sebagaimana dikutip dari Android Central, Fitbit telah mencoba sendiri meluncurkan pasar jam tangan pintar sejak akhir 2017 dengan diperkenalkannya Fitbit Ionic, yang sejak itu telah disukai oleh orang-orang seperti Fitbit Versa, Versa Lite, dan Versa 2.

Perangkat keras dan desain Fitbit secara konsisten hebat di seluruh produknya, tetapi perangkat lunak FitbitOS yang menggerakkan jam tangan selalu berada di belakang persaingan. Apa artinya semua ini bagi Google masih belum jelas saat ini, tetapi sangat mungkin kita melihat Google mengambil keuntungan dari desain dan kecakapan kesehatan Fitbit dan menggunakannya untuk membuat jam tangan Wear OS baru dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Bersama dengan dua posting blog Google, Fitbit juga menerbitkan siaran persnya sendiri dengan kutipan dari CEO Fitbit dan salah satu pendiri, James Park:

“Lebih dari 12 tahun yang lalu, kami menetapkan visi perusahaan yang berani – untuk membuat semua orang di dunia lebih sehat. Hari ini, saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai untuk mencapai tujuan itu. Kami telah membangun merek tepercaya yang mendukung lebih dari 28 juta pengguna aktif di seluruh dunia yang mengandalkan produk kami untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan lebih aktif.

Google adalah mitra ideal untuk memajukan misi kami. Dengan sumber daya Google dan platform global, Fitbit akan dapat mempercepat inovasi dalam kategori produk yang dapat dikenakan, skala lebih cepat, dan membuat kesehatan lebih mudah diakses oleh semua orang. Saya tidak bisa lebih bersemangat untuk apa yang ada di depan.”

Kesepakatan antara Google dan Fitbit diharapkan akan selesai pada tahun 2020, menunggu persetujuan peraturan dan restu dari pemegang saham Fitbit.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.