Menu Tutup

Intel Resmi Perkenalkan Chip Prosesor AI Untuk Cloud dan Data

Hari ini, Rabu (13/11), dalam sebuah konferensi yang dihadiri oleh para pemain penting industri, Intel menghadirkan gelombang kecerdasan buatan (AI) yang baru melalui pembaharuan pada produk-produk terbaru. Sejumlah produk baru itu dirancang untuk mengakselerasi pengembangan dan penyebaran sistem AI dari lingkup cloud hingga edge.

Pertama, Intel memperkenalkan Prosesor Intel® Nervana™ Neural Network (NNP) untuk training (NNP-T1000) dan inferensi (NNP-I1000) – ASICs pertama Intel yang dirancang secara khusus untuk mendukung proses deep learning kompleks dengan skala dan efisiensi yang tak tertandingi untuk pengguna cloud dan pusat data (data center).

Intel juga mengumumkan generasi terbaru daripada Intel® Movidius™ Myriad™ Vision Processing Unit (VPU) untuk lingkup edge, computer vision, dan aplikasi inferensi.

“Melalui fase AI yang baru, kami selangkah lebih dekat untuk mencapai titik puncak di bidang perangkat keras komputasional dan memori. Perangkat yang dirancang khusus seperti Intel Nervana NNPs dan Movidius Myriad VPUs memiliki peran penting dalam kelanjutan pengembangan AI. Penggunaan system-level AI yang lebih terpadu memungkinkan kami untuk beralih dari pengkonversian data ke dalam bentuk informasi, menuju ke sebuah transformasi yang mengubah informasi menjadi sebuah pengetahuan.” kata Naveen Rao, Corporate Vice President, Intel dan General Manager dari Intel Artificial Intelligence Products Group melalui pernyataan resmi yang diterima MedForSquad, Rabu (13/11).

Mengapa ini penting?

Produk-produk ini memperkokoh portofolio solusi yang ditawarkan oleh Intel di bidang AI, yang diharapkan untuk berkontribusi ke pendapatan Intel sebesar lebih dari US$3,5 miliar pada tahun 2019. Sebagai portfolio solusi yang paling luas dan komprehensif di industri, portfolio solusi Intel di bidang AI membantu pelanggan dalam hal mengimplementasikan pengembangan dan penyebaran AI di berbagai aplikasi – dari cloud yang masif hingga perangkat edge yang terkecil, dan sebagainya.

BACA JUGA :  Vivo Y19 Resmi Dijual di Indonesia, Dibanderol Rp 2,9 Juta

Apa yang diumumkan oleh Intel?

Solusi Intel Nervana NNPs, yang sedang dalam proses produksi dan distribusi ke pelanggan, adalah bagian dalam pendekatan system-level AI yang menawarkan software stack secara keseluruhan, yang dikembangkan dengan komponen terbuka dan integrasi framework deep learning untuk penggunaan optimal.

Intel Nervana NNP-T menyeimbangkan komputasi, komunikasi, dan memori – memungkinkan penyesuaian yang hemat energi, dari cluster kecil hingga rangkaian supercomputer. Intel Nervana NNP-I adalah pilihan ideal yang ramah energi dan terjangkau untuk menjalankan inferensi yang intensif dan multi-modal pada real-world scale, dengan form factors yang fleksibel.

Kedua produk ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan proses AI dari pengguna edge AI seperti Baidu dan Facebook.

Selain itu, Intel Movidius VPU generasi terbaru – yang akab tersedia pada paruh pertama tahun 2020 – menggabungkan pembaruan arsitektural yang unik dan efisien, yang akan membawa performa terdepan – lebih dari 10 kali lipat dibandingkan dengan performa inferensi yang ditawarkan oleh generasi sebelumnya; dengan efisiensi sumber daya hingga 6 kali lebih baik dibandingkan dengan prosesor yang ditawarkan oleh pemain lain.

Intel juga mengumumkan Intel® DevCloud yang baru untuk Edge, yang apabila digabungkan dengan Intel® Distribution dari toolkit OpenVINO™, akan menjawab kebutuhan para developers; memungkinkan mereka dapat mencoba, menciptakan prototipe, serta menguji solusi AI pada berbagai portofolio prosesor Intel terlebih dahulu, sebelum membeli perangkat keras.

Data, model, serta teknik yang sangat kompleks dibutuhkan untuk mendukung proses deep learning reasoning dan context. Hal ini pun mendukung organisasi untuk berpikir dengan cara yang berbeda dalam hal arsitektur.

BACA JUGA :  Achmad Zaky Resmi Mengundurkan Diri dari CEO Bukalapak

Mengingat mayoritas pemain di dunia mengandalkan prosesor Intel® Xeon®™ Scalable untuk menjalankan beberapa bagian dari teknologi AI mereka, Intel terus mengembangkan platform ini dengan menghadirkan fitur-fitur seperti Intel® Deep Learning Boost dengan Vector Neural Network Instruction (VNNI), yang meningkatkan performa inferensi AI pada data center dan perangkat edge.

Fitur ini akan terus berfungsi sebagai fondasi AI yang kuat untuk beberapa tahun yang akan datang. Sementara itu, kebutuhan pelanggan Intel akan deep learning training yang sangat canggih menuntut peningkatan performa sebesar dua kali lipat setiap 3.5 bulan, dan terobosan-terobosan semacam ini hanya akan dapat terjadi dengan portfolio solusi AI seperti milik Intel.

Intel dibekali dengan kemampuan untuk melihat gambaran yang lebih luas dalam hal proses komputasi, memori, penyimpanan data, interkoneksi, kemasan, dan perangkat lunak; untuk memaksimalkan efisiensi, kemampuan pemrograman, dan memastikan kemampuan untuk peningkatan distribusi deep learning pada ribuan komponen, sehingga pada akhirnya, dapat mendukung revolusi pengetahuan.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×